Ahad, 05 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pupuk Indonesia, Memacu Strategi Transformasi Sentralisasi Holding di Seluruh Lini

Posted by: 2172 viewer

Pupuk Indonesia, Memacu Strategi  Transformasi Sentralisasi Holding di Seluruh Lini
pupuk indonesia

INFOBRAND.ID-PT Pupuk Indonesia (Persero) mengemban misi khusus untuk memutakhirkan sentralisasi holding. Sehingga, perseroan pun membenahi aspek operasional, antara lain memutakhirkan teknologi informasi, mendiversifikasi produk, mengubah gaya pemasaran, mengintegrasikan rantai pasok (supply chain), mentransformasi SDM, mengembangkan riset dan pengembangan (research and development/R&D), hingga memacu kemitraan strategis dengan konsumen serta mitra bisnis. Pembenahan ini merupakan bagian dari program transformasi BUMN pupuk.

Perusahaan ini menerapkan lima pilar strategi demi mengakselerasi transformasi. Lima pilar tersebut adalah fokus pada pelanggan, fokus pada riset dan inovasi, keunggulan operasi dan rantai pasok, optimalisasi dan pengamanan bahan baku, serta keberlanjutan perusahaan dan ekonomi sirkular.

Pada 2020-2022 Pupuk Indonesia mengantongi mandat untuk melaksanakan transformasi sentralisasi holding sehingga peran perseroan berubah dari strategic holding yang bersifat pasif menjadi functional holding yang berpartisipasi aktif untuk mengelola portofolio bisnis. “Kami yang tadinya produsen pupuk dan petrokimia berubah menjadi perusahaan yang mengemban visi untuk menutrisi tanaman dan solusi pertanian. Ini membuat kami beyond dari production. Dulu sangat production centric, sedangkan sekarang kami menjadi partner untuk sektor agrikultur sehingga we are going to service,” tutur Panji Ruky, Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada fase transformasi ini, Panji mengungkapkan, perseroan menghadapi beberapa tantangan, seperti keengganan untuk berubah karena sudah lama melakukan pola lama. Koordinasi dan konsolidasi internal diperkuat untuk memuluskan langkah ini.

“Kami di holding sangat kompak, bahkan melakukan progress monitoring dengan direksi anak perusahaan setiap bulan. Kami rutin membahas perkembangan program, kendala, dan dampak transformasi,” katanya.

Tantangan lainnya adalah stagnasi penjualan pupuk di segmen ritel dan hanya mengandalkan penjualan pupuk bersubsidi, serta pemasaran yang tidak terintegrasi. “Sebelum melakukan transformasi, setiap perusahaan melakukan distribusi dan marketing sendiri-sendiri sehingga tidak optimal. Semuanya berkompetisi di pasar yang sama, yang pada akhirnya mengakibatkan end-to-end cost to serve belum optimal,”paparnya.

Kendala ini dibenahi melalui strategi transformasi terpadu. Salah satu pilar strategi Pupuk Indonesia adalah menjadi perusahaan yang lebih customer centric atau fokus pada pelanggan serta diversifikasi produk. Pupuk Indonesia berupaya menjadi perusahaan yang semakin memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan, termasuk memberikan pelayanan lengkap, khususnya kepada petani.

Program retail management, misalnya, diluncurkan untuk memudahkan petani mengakses produk-produk nonsubsidi, memberikan benefit model bagi kios dan distributor, serta meningkatkan program kerjasama promosi dengan kios-kios.

IKLAN INFOBRAND.ID

Perihal model customer centric itu, Panji menyebutkan, pembenahan juga diterapkan di lini pemasaran dan pengembangan bisnis. Sebelumnya, Pupuk Indonesia hanya melakukan distribusi pupuk, tapi sekarang juga menjadi partner bagi industri agrikultur.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga melakukan investasi besar-besaran di R&D untuk memutakhirkan serta mengembangkan produk. Langkah lainnya, mempraktikkan prinsip excellence in operation and supply chain sehingga bisa melakukan managing plan secara digital.

“Kemudian, kami melakukan feedstock security and optimization. Contohnya, saat ini dunia sedang mengalami kesulitan pupuk NPK, dengan adanya sentralisasi holding, kami melakukan strategic partnership dengan berbagai negara,” katanya.

Perseoran menjaring peluang bisnis dengan menggarap pasar pupuk di segmen large estate and small farm, serta mengimplementasikan praktik sustainability and circular economy dengan melakukan dekarbonisasi. “Kami juga memiliki potensi di supply chain. Tadinya tiap-tiap perusahan jalan sendiri-sendiri, kini kami melakukan integrasi secara grup. Peluang lain adalah ada banyaknya waste yang bisa diolah kembali untuk mengurangi karbon,” Panji menjelaskan.

Dalam melakukan transformasi ritel, Pupuk Indonesia memiliki program #PupukIndonesiaAda yang memiliki lima komponen. Yaitu, #SalesforceAda (perusahaan membuat matriks, aplikasi sales force, dll),  #SalesPromotionAda, #DistributorPupukIndonesiaAda, #KiosAda, dan #SupplyAda yang dapat menjamin ketersediaan pupuk bagi kios yang terdaftar di dalam program tersebut meskipun di tengah kelangkaan pupuk yang kerap terjadi.

IKLAN INFOBRAND.ID

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...