Kamis, 07 Desember 2023

Follow us:

infobrand

9th Spirit INFOBRAND

Rangkaian Produk Sirup Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan SOHO Telah Terverifikasi BPOM

Posted by: 785 viewer

Rangkaian Produk Sirup Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan SOHO Telah Terverifikasi BPOM
Suplemen Kesehatan SOHO Telah Terverifikasi BPOM

INFOBRAND.ID-Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tengah melakukan berbagai langkah terkait obat sirup untuk anak yang berisiko mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG). BPOM juga telah merilis sekaligus rutin meng-update daftar obat sirup anak yang aman terhadap risiko cemaran EG dan DEG.

PT SOHO Industri Pharmasi yang memproduksi sirup obat tradisional dan suplemen Kesehatan dengan merek-merek yang sudah dipercaya oleh keluarga Indonesia seperti Imboost Force, Imboost, Curcuma Plus, dan Curvit, juga telah menjalankan verifikasi data pengujian pada bahan baku dan produk yang dipandu oleh BPOM RI.

Hasilnya, produk-produk obat tradisional dan suplemen kesehatan SOHO Industri Pharmasi dinyatakan BPOM telah memenuhi persyaratan dan aman untuk digunakan sepanjang sesuai aturan pakai yang ditentukan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Berdasarkan surat BPOM No. B-PW.02.04.4.43.12.22.995 yang diterbitkan pada 26 Desember 2022 dan surat BPOM No. No. B-PW.02.04.4.43.01.23.06 yang diterbitkan pada 1 Januari 2023 yang ditandatangani oleh Dra. Reni Indriani, Apt, M.Si, a.n. BPOM Deputi Bidang Pengawas Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik, produk sirup obat tradisional dan suplemen kesehatan SOHO telah mendapatkan verifikasi BPOM bahwa produk-produk tersebut aman digunakan.

Produk SOHO tersebut antara lain adalah Imboost Force Kids dan Imboost Kids Sirup untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, Curcuma Plus Vitamin Sirup untuk membantu pertumbuhan optimal pada anak dan meningkatkan nafsu makan, Diapet Anak untuk mengatasi diare pada anak, Curvit Sirup untuk menambah nafsu makan, Fucoidan 100 untuk kesehatan lambung, serta Gastin Force untuk mengatasi gangguan lambung.

Surat izin edar tersebut diperoleh usai BPOM melakukan verifikasi terhadap hasil pengujian bahan baku, produk jadi sirup atau cairan obat dalam, serta informasi terkait lainnya yang diperlukan untuk pemastian pemenuhan standar, mutu, keamanan, dan khasiat obat tradisional/suplemen kesehatan secara konsisten oleh pelaku usaha. Dalam surat BPOM tersebut, disebutkan bahwa verifikasi dilakukan berdasarkan pemenuhan beberapa kriteria, antara lain kualifikasi pemasok, pengujian bahan baku, serta metode pengujian yang mengikuti standar/Farmakope terkini.

Terkait surat verifikasi dari BPOM RI tersebut, DR. Ir. Raphael Aswin Susilo Widodo, ST, M.Si, CIP, IPU, Direktur PT SOHO Industri Pharmasi dan Vice President Research & Development, Regulatory, and Medical Affairs SOHO Global Health Tbk., mengungkapkan bahwa semua proses Quality Control (QC) yang dilakukan SOHO telah memenuhi standar CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dan CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) yang ditetapkan BPOM untuk industri yang memproduksi produk-produk obat, suplemen kesehatan, dan obat tradisional.

“SOHO juga sudah melakukan pengujian mandiri terhadap cemaran EG/DEG pada bahan baku dan semua produk jadi, dan hasilnya memenuhi batas aman yang dipersyaratkan oleh BPOM RI," tandasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Proses QC telah dilakukan SOHO sejak pemilihan bahan baku. Oleh karena itu, SOHO hanya membeli bahan baku dari vendor yang sudah dikualifikasi dan disetujui oleh bagian Quality Assurance. Selanjutnya, setiap bahan baku yang diterima dari vendor dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur dan spesifikasi yang ditetapkan dan disetujui, termasuk dilakukan uji identifikasi dari setiap wadah untuk memastikan keaslian bahan baku yang diterima. Hanya bahan baku yang sudah di-release oleh bagian QC yang dapat digunakan untuk produksi oleh PT SOHO Industri Pharmasi.

“Kami juga secara regular dan konsisten melakukan audit ke sarana vendor dan supplier dari bahan baku dan bahan pengemas yang digunakan untuk produksi produk-produk SOHO,” lanjutnya.

Selama proses produksi dilakukan, imbuh Pak Aswin, SOHO juga melakukan pemeriksaan in process control dan pengujian QC, yang bertujuan untuk memastikan kualitas produk yang dihasilkan memenuhi spesifikasi yang ditetapkan.

Sementara itu, ketika berkesempatan melakukan kunjungan ke pabrik SOHO di awal Januari 2023, Brand Ambasador Imboost Titi Kamal mengemukakan betapa leganya mengetahui bahwa Imboot Kids Sirup sudah dinyatakan aman digunakan oleh BPOM RI.

“Alhamdulilah sekali ya, lega banget rasanya setelah mengetahui Imboost Kids Sirup sudah secara resmi dinyatakan aman dikonsumsi untuk anak-anak sesuai anjuran pakai oleh BPOM RI, sehingga sekarang aku bisa kembali memberikan mereka Imboost Kids sirup untuk menjaga daya tahan tubuh mereka sehari-hari. Apalagi aktivitas mereka saat ini padat sekali dan sangat butuh perlindungan ekstra,” ungkap Titi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih jauh ia menegaskan, selama bertahun-tahun, ia mempercayakan perlindungan daya tahan tubuhnya dan keluarga pada Imboost, sebagai suplemen Daya Tahan Tubuh nomor 1 di Indonesia, yang mutu dan kualitasnya terjamin dan sudah tidak ragukan lagi. "Jadi, bagi para moms, jangan lupa untuk melindungi daya tahan tubuh si kecil dengan rutin memberikan Imboost Kids Sirup yang sudah terbukti aman dan diverifikasi oleh BPOM RI," tutup Titi.


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Wujudkan Wishlist Akhir Tahun di BAF Serba Untung Harbolnas 12.12

Wujudkan Wishlist Akhir Tahun di BAF Serba Untung Harbolnas 12.12
INFOBRAND.ID-Hari yang dinanti para penggiat belanja, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas 12.12) segera tiba! Waktu di mana akhirnya bisa membeli&...


Diamond Pavilion by Semar Nusantara Buka Gerai Terbaru di Mall Neo Soho

Diamond Pavilion by Semar Nusantara Buka Gerai Terbaru di Mall Neo Soho
INFOBRAND.ID-Diamond Pavilion berupaya mendekatkan diri kepada konsumen dengan membuka gerai terbarunya di Mall Neo Soho, Jakarta Barat. Tujuannya seb...


Soal Stir Kanan, Chery Janjikan Indonesia Sebagai Basis Produksi

Soal Stir Kanan, Chery Janjikan Indonesia Sebagai Basis Produksi
INFOBRAND.ID - Pabrikan mobil Chery, menyatakan akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk setir kanan dengan membangun pusat riset dan pa...


Ini Kelebihan POLYTRON Smart Neuva Pro

Ini Kelebihan POLYTRON Smart Neuva Pro
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Air conditioner (AC) bukan hanya sebuah alat pendingin ruangan, melainkan sebuah kawan yang siap menemani setiap langkah perja...