Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

"RE.UNIQLO: Remake Project" Usung Konsep Keberlanjutan

Posted by: 1380 viewer


UNIQLO

INFOBRAND.ID-Perusahaan ritel global asal Jepang, UNIQLO, resmi merilis “Remake Project”,  pada akhir September ini (29/9), di Jakarta. Remake Project adalah inisiatif keberlanjutan sebagai implementasi dari program RE.UNIQLO yang memfasilitasi siapapun yang ingin berkontribusi secara signifikan dalam menghijaukan bumi dengan memberikan kehidupan baru bagi pakaian UNIQLO yang sudah tidak terpakai.

Melalui proyek ini, UNIQLO menampilkan 40 pakaian upcycled yang telah didaur ulang dari pakaian yang sudah tidak terpakai untuk menginspirasi masyarakat agar lebih menghargai pakaian dalam waktu yang lama.

Dituturkan Daniel Pieter, Marketing & E-Commerce Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia), “Selama lebih dari 20 tahun, UNIQLO telah menerapkan konsep keberlanjutan dalam menciptakan pakaian yang bukan hanya nyaman digunakan dan menggunakan bahan-bahan berkualitas, namun juga baik dan bertanggung jawab di tengah berbagai masalah lingkungan dan kemanusiaan yang ada saat ini hingga di masa depan."

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih jauh ia menjelaskan,  RE.UNIQLO: Remake Project merupakan salah satu implementasi dari program RE.UNIQLO dalam memberikan nyawa baru pada koleksi LifeWear favorit agar bisa dimanfaatkan secara jangka panjang.

"Proyek ini juga mempertegas inisiatif Neighborhood Collaboration sebagai upaya serius untuk memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis lokal dan UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam mengembangkan potensi dan konsep bisnis yang berkelanjutan agar bisa berkontribusi bersama untuk lingkungan,” papar Daniel.

Di proyek ini, UNIQLO mengumpulkan pakaian UNIQLO yang sudah tidak digunakan dari para pelanggan setianya melalui RE.UNIQLO box yang disediakan di toko UNIQLO di seluruh Indonesia, untuk kemudian didonasikan kepada yang membutuhkan hingga didaur ulang menjadi pakaian baru.

Kali ini, UNIQLO menggandeng Adrie Basuki, salah satu desainer yang dikenal kerap menciptakan pakaian dari bahan daur ulang yang bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Adrie Basuki merupakan UKM Kolaborator UNIQLO Neighborhood di toko UNIQLO Botani Square, sekaligus juga UKM mitra binaan dari mitra UNIQLO pada proyek ini, yaitu Sarinah.

Terdapat 40 desain pakaian upcycle baru dari UNIQLO dan Adrie Basuki bertema “Godai” yang merepresentasikan lima elemen dalam budaya Jepang, yakni Bumi (Earth), Air (Water), Api (fire), Angin (Wind), serta Langit (Sky).

IKLAN INFOBRAND.ID

"Keseluruhan pakaian di proyek ini dihasilkan dari proses daur ulang dengan teknik recycle dan upcycle yang materialnya menggunakan sekitar 70% pakaian UNIQLO yang tidak terpakai yang dikumpulkan dari para pelanggan melalui RE.UNIQLO box yang tersedia di seluruh toko UNIQLO di Indonesia," terang Adrie.

Sebagai bagian dari proyek ini, selain Sarinah, UNIQLO juga menggandeng Menara Astra sebagai mitra untuk mengumpulkan pakaian-pakaian UNIQLO yang tidak terpakai melalui penempatan box RE.UNIQLO di gedung Menara Astra untuk menarik perhatian publik, khususnya anak muda yang tinggal dan bekerja di sana. Menara Astra juga menyediakan salah satu area di gedungnya untuk menampilkan hasil karya daur ulang Adrie Basuki.

Selain itu, Menara Astra dan Sarinah juga akan memberikan tempat agar masyarakat umum bisa menikmati koleksi hasil dari RE.UNIQLO: Remake Project tersebut.

Bersama UNIQLO, Sarinah juga akan menggelar rangkaian seminar bertajuk Sarinah Pandu bagi para pemilik usaha lokal untuk menambah peluang dalam mengembangkan konsep bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Inisiatif ini ini sejalan dengan dua dari tiga pilar keberlanjutan (People, Planet dan Society) yang diusung UNIQLO. Pertama, pilar Planet, dengan memberikan nyawa baru bagi pakaian yang sudah tidak terpakai untuk mengurangi limbah dan menjadikannya lebih bernilai karena bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Kedua, pilar Society, melalui upaya serius untuk memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis lokal dan UKM dalam mengembangkan potensi dan konsep bisnis yang berkelanjutan agar bisa berkontribusi bersama untuk lingkungan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


NETA V-II, EV Pertama NETA yang Diproduksi Secara Lokal di Bekasi

NETA V-II, EV Pertama NETA yang Diproduksi Secara Lokal di Bekasi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT NETA Auto Indonesia, menggelar kegiatan upacara simbolik untuk produksi pertamanya, yakni Neta V-II yang menjadi kendaraan...


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...