Rabu, 22 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Social Commerce Untungkan Penjual dan Konsumen

Posted by: 932 viewer

Social Commerce Untungkan Penjual dan Konsumen
Ilustrasi social commerce/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kehadiran social commerce dalam sektor perdagangan daring di Indonesia dinilai mampu memberikan banyak manfaat bagi penjual dan konsumen dalam negeri.

Praktisi pemasaran dan behavioral science Ignatius Untung mengatakan, penggabungan platform media sosial dan dagang-el ini, merupakan bentuk inovasi seiring dengan perkembangan teknologi yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman belanja yang seamless dan mudah

Keberadaan social commerce dapat membantu penjual memperkenalkan produknya ke konsumen yang tepat, sedangkan konsumen bisa langsung mendapatkan rekomendasi produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan mereka di dalam satu platform.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Mereka bisa melakukan transaksi langsung secara praktis tanpa harus berganti aplikasi,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya dikutip Selasa (12/9/2023).

Penjual pun mampu mengembangkan usaha mereka dengan berjualan di platform social commerce sehingga memberikan dampak positif pada perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri.

Integrasi yang tersedia di platform social commerce memungkinkan pedagang, termasuk UMKM dengan karakteristik khusus, mendapatkan trafik
penjualan melalui konten yang unik yang pada akhirnya semakin membuka peluang bisnis bagi mereka.

Terkait wacana perlunya larangan terhadap social commerce karena dianggap monopoli, Untung menyatakan hal itu harus didasari oleh hukum yang jelas.

Sebab, tambah mantan Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) itu, larangan yang tidak berdasarkan hukum berisiko memberikan preseden buruk bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Restriksi yang tidak didasarkan pada hukum dan aturan yang jelas, bertolak belakang dengan prinsip perdagangan yang berkeadilan dan hal ini bisa membuat investor kabur dan enggan berinvestasi di Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia monopoli terjadi jika platform media sosial tersebut hanya memperbolehkan layanan pembayaran atau logistik milik mereka dan memutus kerja sama dengan pihak lain.

Pada kenyataannya, platform social commerce yang ada di Indonesia memfasilitasi beragam metode pembayaran seperti melalui kartu kredit, e-wallet hingga Cash on Delivery (COD).

Begitupun dengan layanan logistik yang menggandeng pihak ketiga untuk membantu proses pengiriman barang ke konsumen, lanjutnya, sama seperti platform dagang-el lain yang sudah hadir sebelumnya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan kehadiran social commerce yang mengintegrasikan layanan media sosial dengan dagang-el di dalam satu platform yang sama sebagai langkah monopoli.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut dia, penggabungan ini dapat membuat konsumen mencari produk dan berbelanja langsung di dalam satu platform saja dan tidak melibatkan platform, layanan pembayaran dan logistik lain.

Semua proses transaksi tersebut, ujar Menkop dinilai hanya akan melibatkan semua layanan pembayaran dan logistik dari platform tersebut.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Resmi Meluncur, Ini Banderol dan Spesifikasi Ponsel Gaming Infinix GT 20Pro 5G

Resmi Meluncur, Ini Banderol dan Spesifikasi Ponsel Gaming Infinix GT 20Pro 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel cerdas, Infinix, secara resmi meluncurkan ponsel terbarunya dari seri GT yang difokuskan pada kemampuan gaming ya...


Tesla Produsen Mobil Paling Inovatif

Tesla Produsen Mobil Paling Inovatif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) Tesla Inc terus mempertahankan posisinya sebagai perusahaan otomotif paling i...


Ini Tips Sukses Menghadapi Konsumen dari Kalangan Gen Z

Ini Tips Sukses Menghadapi Konsumen dari Kalangan Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Generasi Z, yang terdiri dari individu yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, dikenal sebagai generasi yan...


iQOO Luncurkan Ponsel Mid-range Performa Tinggi Z9 dan Z9X

iQOO Luncurkan Ponsel Mid-range Performa Tinggi Z9 dan Z9X
INFOBRAND.ID, JAKARTA - brand ponsel iQOO, meluncurkan produk terbaru mereka di Indonesia yakni iQOO Z9 dan iQOO Z9X sebagai ponsel pintar "mid-r...