Senin, 06 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Strategi Jasa Kurir, Bertahan dan Berinovasi di Kala Pandemi

Posted by: 9676 viewer

Strategi Jasa Kurir, Bertahan dan Berinovasi di Kala Pandemi
Mohamad Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE.

JAKARTA - Kebutuhan masyarakat akan layanan jasa pengiriman ternyata semakin tinggi di era pandemi. Adanya pembatasan penerbangan in-out luar negeri menyebabkan kiriman crossborder menurun tajam. Peningkatan signifikan berasal dari pengiriman transaksi e-commerce domestik. Pelaku industri jasa pengiriman atau logistik mendapat pengecualian dari pemerintah untuk tetap bisa beroperasi. Bagaimana perkembangan industri logistik di mana pandemi dan new normal, berikut petika wawancara tertulis antara Infobrand.id dengan Presiden Direktur JNE, Mohamad Feriadi Soeprapto.

Selama pandemi covid-19 aktivitas belanja online meningkat pesat, apa tantangan yang dihadapi?

Kita belum tahu kapan virus akan berakhir, daya beli masayarakat juga berkurang. Yang bisa kita lakukan adalah kita harus tetap optimis dan siap memberikan pelayanan prima kepada pelanggan dan tetap menjalankan protokol covid-19 di semua jajaran dalam menjalankan operasional perusahaan. Tentu saja jangan lupa juga kita semua berdoa pandemi segera berakhir.

IKLAN INFOBRAND.ID

Inovasi apa yang dilakukan oleh JNE untuk menghadapi permintaan jasa pengiriman yang meningkat dan menghadapi tantangan tersebut?

JNE terus melakukan pengembangan mau pun inovasi di internal bidang teknologi informasi dan komunikasi (IT), serta infrastruktur atau jaringan seperti Gateway, Gedung Operasional maupun titik layanan (counter/outlet).

Pengembangan di internal tersebut, mewujudkan berbagai hal yang akan meningkatkan kualitas pelayanan, seperti; produk layanan atau fasilitas untuk memudahkan jual-beli online terus ditingkatkan, seperti halnya JNE menyediakan Pesona (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara), COD, digital payment, Friendly Logistic, dan sebagainya. Begitu juga dalam program atau kegiatan, dilaksanakan untuk mendorong jual-beli online, seperti diskon ongkir, cashback, dan yang lainnya.

JNE membangun  Mega Hub, menyediakan e-Fullfilment/ Friendly Logistic, layanan COD, digital payment, dan sebagainya yang dibutuhkan masyarakat saat ini mau pun di waktu yang akan datang. layanan JTR (JNE Trucking) untuk pendistribusian paket berukuran besar yaitu di atas 10 kg atau berjumlah banyak agar tidak terkendala aturan penerbangan dan dengan harga yang kompetitif.

JNE mengembangkan sektor teknologi dan informasi sehingga pelanggan dapat mengetahui keberadaan paket dan estimasi waktu serta lokasi titik layanan dengan mobile apps MyJNE atau melalui website JNE. PESONA (Pesanan Oleh -Oleh  Nusantara) yang bekerjasama dengan lebih dari 2000 produsen makanan khas daerah agar produk khas yang dihasilkan dapat dipasarkan dan dikirimkan ke seluruh nusantara, bahkan luar negeri.

IKLAN INFOBRAND.ID

JLC (JNE Loyalty Card) agar pelanggan mendapatkan poin dari tiap paket yang dikirimkan. Poin tersebut dapat ditukarkan hadiah berupa barang mau pun pengalaman menarik. Tiap tahun JNE menggelar program JLC Race dan JLC Lucky Draw dengan hadiah fantastis. JNE memberikan Harbokir atau Hari Bebas Ongkos Kirim yang tiap tahun dirayakan dalam rangka perayaan hari ulang tahun JNE serta program yang dilaksanakan untuk mendorong jual-beli online, seperti diskon ongkir, cashback, dan yang lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejak aktivitas belanja online semakin digemari, semakin banyak bermunculan pemain jasa pengiriman, bagaimana strategi JNE untuk memenangkan persaingan?

Bahwa potensi bisnis logistic di Indonesia masih sangat besar (pendapatan bisnis logistik dan pergudangan bisa mencapai US$ 75,2 miliar atau naik 6,2% dari tahun lalu US$ 70,8 triliun menurut Lembaga Riset Frost & Sullivan - https://industri.kontan.co.id/), sementara pelaku bisnis logistiknya masih jauh dari potensi yg ada. JNE menanggapi positif atas hadirnya pemain jasa logistic lain baru. Hal ini sejalan dengan komitmen JNE untuk membangun ekosistem yang dapat meberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Saat ini JNE fokus untuk mengembangkan bisnis JNE sendiri dengan mengedepankan inovasi yang dapat melancarkan proses bisnis secara keseluruhan. Terkait persaingan perusahaan logistic local kami tetap bekerjasama dalam naungan organisasi ASPERINDO dengan motto “bersanding namun bersaing” dan tetap menjaga etika bisnis untuk memperlancar dan meningkatkan perekonomian rakyat terutama kemajuan UKM.

Berapa market share JNE di pasar jasa pengiriman di Indonesia, ada target untuk meningkatkan market share itu dalam tahun-tahun yang akan datang, kira-kira di angka berapa?

IKLAN INFOBRAND.ID

JNE mengalami peningkatan pertumbuhan kiriman 20-30% setiap tahunnya berturut – turut sejak booming e-commerce di tahun 2010 sampai saat ini. JNE terus melakukan digital transformation di berbagai bidang, mulai dari berbagai hal untuk meningkatkan kinerja internal, sampai dengan pengembangan produk layanan mau pun fasilitas untuk customer.

Yang harus kita bangun adalah optimisme dan kesiapsiagaan tetap memberikan pelayanan prima. Masalah pandemi atau kesehatan ini yang harus kita pulihkan dahulu. Selama kondisi trend terdampak Covid19 belum bisa dipulihkan kondisinya tetap tidak bisa diprediksi akurat. 

Bagaimana perkiraan kondisi pasar pasca pandemi dan masa new normal, setelah aktivitas offline sudah mulai ramai lagi, apakah belanja online turun kembali, atau seperti apa prediksi Bapak?

Pada tahun 2020 ini kelihatannya JNE masih pada posisi menyesuaikan dengan situasi pandemi covid-19. Kita akan melihat apa yang terjadi ke depan. Hal-hal baru apa yang bakal terjadi. Mungkin juga ada kondisi yang bisa mendisrupsi kami.

Dari trend yang ada saat ini, basis pengiriman barang yang langsung ke konsumen atau masyarakat (C to C) yang meningkat. Oleh karena itu, JNE akan terus mengembangkan berbagai hal yang dapat memenuhi kebutuhan pengiriman customer sekarang, antara lain meningkatkan kualitas produk layanan atau fasilitas seperti COD, e-payment atau cashless, Friendly Logistic, dan sebagainya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Meningkatnya kebutuhan pengiriman masyarakat karena pandemic ini juga merupakan tantangan, sehingga JNE terus menjalankan pengembangan dan pembangunan sesuai rencana, seperti pembangunan mega hub yang terus berjalan serta jaringan mau pun infrastruktur lainnya agar dapat terus menangani kapasitas pengiriman yang bertambah.

Stategi apa yang disiapkan JNE untuk menghadapi pasar pasca pandemi?

Secara garis besar ada 2 langkah yang dijalankan JNE selama ini, baik sebelum mau pun di saat pandemic covid-19, yaitu; secara internal, JNE terus meningkatkan kapabilitas perusahaan dengan pengembangan di sektor-sektor penting seperti IT, infrastruktur mau pun jaringan, dan SDM. Hal ini memungkinkan inovasi-inovasi dilakukan, baik dalam produk layanan mau pun fasilitas, untuk menyesuaikan dan memenuhi kebutuhan pengiriman masyarakat yang berkembang seiring dengan perkembangan era digital, baik untuk kepentingan pribadi hingga kepentingan bisnis. Secara eksternal, JNE terus mendukung kemajuan ekosistem, terutama ekosistem e-commerce dimana JNE memegang peranan penting sebagai salah satu pilar di dalamnya yaitu logistic.

Bisnis jasa pengiriman, customer experience menjadi salah satu kunci kepuasan pelanggan, bagaimana customer experience itu dibangun di JNE?

Untuk menciptakan customer experience yang baik, JNE menggunakan seluruh kapabilitas perusahaan untuk terus mengatasi beragam tantangan, seperti terus meningkatkan performa kerja 7 ribu jaringan serta infrastruktur, 10 ribu armada, mau pun 50 ribu karyawan di seluruh Indonesia. Sehingga strategi distribusi memanfaatkan seluruh moda transportasi yang ada untuk jalur yang tersedia, baik udara, darat, mau pun laut, dapat dimanfaatkan dengan efektif agar kualitas pelayanan kepada pelanggan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Dalam mengemban amanah pengiriman paket seluruh pelanggan, faktor kualitas pelayanan adalah yang utama bagi JNE. Bicara tentang faktor ini, maka bukan hanya harga kompetitif yang dikedepankan namun juga berbagai hal yang dapat membuat aktifitas pengiriman oleh customer dapat berjalan dengan nyaman, seperti fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan; mulai dari sebelum pelanggan datang ke counter JNE, ketika pelanggan datang untuk mengirimkan paketnya, ketika paket pelanggan tersebut sedang dalam proses pengiriman, sampai dengan ketika paket telah diterima oleh penerimanya.

Selain itu beragam program atau acara kami berikan untuk pelanggan, seperti: program – program promo seperti cashback atau diskon ongkir, dilakukan secara mandiri atau bersama online marketplace. Program apresiasi untuk loyal customer para member JLC (JNE Loyalty Card). Program pemberdayaan komunitas seperti workshop atau pelatihan gratis untuk meningkatkan daya saing para UKM di era digital. Program CSR yang mendorong atau meningkatkan taraf hidup masyarakat. Penyediaan fasilitas efulfillment Friendly Logistic untuk memudahkan para UKM dalam berbisnis online. Penyediaan fasilitas digital payment yang bekerjasama dengan Gopay, OVO, DANA, dan yang lainnya.

Dari sisi kepedulian terhadap masyarakat, apa saja yang sudah dilakukan oleh JNE?

Beberapa program CSR yang sudah dilaksanakan brkolaborasi dngan lintas organisasi. JNE mengirimkan bantuan yang didonasi atau digalang oleh berbagai pihak dengan total hampir lebih dari 20 Ton kiriman APD dan alat kesehatan sampai dengan saat ini dan akan terus berlanjut, yaitu; Mr. Zack @1000hari, YADAS (Yayasan Dana Abadi Surga) /Glek, Andi F Noya (Benihbaik.com), Adib Hidayat/ APD Kita/ (Kitabisa.com), BTP Foundation/ Bpk. Ahok, GLC (Global Leadership Center), CT ARSA – Trans Media, Poppy CB (Cotton Ink), Anne Avantie (designer APD), MCI (Mualaf Center Indonesia)/ Ikhlas Fondation, Media Grup/Metro TV,

Relawan Siaga (Oke Oce) Sandiaga Uno, Institut Perempuan, Dr. Pukat, HDCI (Harley Davidson Club Indonesia), Food Bank of Indonesia (FOI) kerjasama pendistribusian makanan, Donasi Program Wakaf Al-Quran JNE - Benihbaik.com - APP Sinar Mas, JNE  salurkan APD dan alkes Ypp_indosiarsctv – Emtek – Bukalapak, JNE dan Ruang Guru memberikan internet dan komputer gratis untuk anak yatim piatu yang sedang belajar di masa pandemi, Donasi 1 M untuk masyarakat yang terdampak dengan diberikan kepada Pemprov DKI Jakarta dan disalurkan melalui Baznas. Donasi 150 juta rupiah untuk 1000 anak yatim piatu di lebih dari 200 panti asuhan di Jakarta Barat melalui Pemkot Jakarta Barat, Donasi peduli covid-19 kepada Pemprov Jawa Barat 500 Juta. Donasi peduli covid-19 kepada Pemprov Jawa Tengah 250 juta, Pengiriman APD gratis ke seluruh Rumah Sakit di Indonesia, JNE bekerjasama dengan Wahyoo memperingati HUT DKI Jakarta ke-493 dengan memberi 25 ribu lebih makanan bantuan untuk masyarakat di 493 RT, dimana bantuan pangan tersedia karena memberdayakan 100 warung makan mitra Wahyoo yang penjualannya turun akibat pandemic, Donasi Program 1000 Wakaf Al-Quran JNE bersama Baznas.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Lensa Terbaru dari SOny, FE 24-50mm F2.8 G dan FE 16-25mm F2.8 G

Ini Lensa Terbaru dari SOny, FE 24-50mm F2.8 G dan FE 16-25mm F2.8 G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sony mengumumkan peluncuran dua produk lensa terbarunya di Indonesia yakni lensa ringkas 35mm full-frame yang kompatibel denga...


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...