JAKARTA, INFOBRAND.ID - Berdasarkan riset terakhir dari iprice pengunjung Shopee datang dari tiga media sosial, di antaranya; Facebook (17,8 juta), Instagram (4,8juta), dan twitter sekitar 320 ribu. Dari tiga media sosial tersebut, twitter memberikan kontribusi paling sedikit, namun demikian memiliki potensi pasar yang besar karena penggunanya didominasi kaum milenial.
Christin Djuarto, Director of Shopee Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima INFOBRAND.ID memaparkan, e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan itu memiliki brand image yang fun dan young sehingga dapat dikatakan segmen audiens terbesar didominasi oleh kaum milenial. Fakta itu diperkuat oleh survei BPS beberapa waktu lalu yang memaparkan adanya peningkatan belanja online di masa pandemi yang kebanyakan dilakukan oleh generasi milenial.
Untuk menjangkau target audiens yang kami miliki, Shopee terus berupaya untuk menggunakan channel yang sesuai, salah satunya melalui Twitter yang dianggap memiliki pengguna dengan karakteristik yang sama dengan Shopee. Maka, meskipun twitter meskipun twitter paling sedikit mendatangkan pengunjung, tapi justru menjadi salah satu tool strategis yang bisa digunakan untuk semakin memperkuat posisi dan segmen pasar terkuatnya.
“Berangkat dari pemahaman ini, Shopee terus memahami karakteristik pangsa pasar agar dapat bergerak bersama dengan perubahan yang mereka alami, terlebih dalam masa pandemi,” ungkap Christin.
Pemahaman terhadap karakteristik pengguna Shopee dapat tercermin dari strategi bisnis dan marketing yang dilakukan. Melihat milenial dan Gen-Z yang mayoritas memiliki sifat aspirasional, dinamis, dan always on, Shopee menyusun strategi terbaik untuk menjangkau dan menjalin hubungan dengan pengguna dan mempromosikan brand Shopee, baik secara offline dan online .
Selain itu, percakapan yang dibangun oleh Shopee di Twitter pun dapat membantu meningkatkan awareness para pengguna tentang kampanye atau pun promo terkini yang dilakukan Shopee. Seperti kampanye belanja terbesar Shopee yang baru mulai hari ini, Shopee 9.9 Super Shopping Day.
“Hari ini, kami melihat hari ini Twitter Shopee Indonesia sudah mulai mengumumkan rangkaian kegiatan dan inovasi terbarunya - yang tentunya telah disesuaikan sedemikian rupa dengan karakteristik bahasa brand di Twitter; singkat, padat, serta didukung dengan visual yang menarik,” tutup Christin.