INFOBRAND.ID- Siapa yang tidak kenal dengan brand skincare lokal satu ini?. Merek satu ini berhasil merebut hati pecinta skincaretanah air dengan produk yang di minati pelanggan setia-nya seperti Serum wajah, Cushion, Moisturizer.
Tak heran jika brand Somethinc baru-baru ini mendapatkan penghargaan bergengsi yakni Brand Choice for Health & Beauty 2023 dari INFOBRAND.ID yang bekerja sama dengan lembaga riset TRAS N CO Indonesia.
Di awal kehadirannya, Somethinc sangat terkenal dengan produk pembersih wajah dan serumnya. Padahal sebenarnya melansir beberapa produk sekaligus, di antaranya eye cream, chemical exfoliant, essence, toner, hingga pelembab.
Seiring dengan berkembangnya inovasi, Somethinc memberikan diri untuk merambah ke lini makeup dengan menghadirkan Copy Paste Cushion. Cushion ini mendapat penerimaan positif dari masyarakat hingga viral. Berikutnya, Somethinc melengkapi koleksi makeupnya dengan eyeliner, eyeshadow palette, hingga produk lipstik.
Untuk bisa berada di posisi sekarang, Irene menyebut Somethinc sudah melalui berbagai fase. Dimulai dari membangun konsep, riset produk, pemilihan bahan, dan masih banyak lagi. Selain itu, sang owner Somethinc menyebut dirinya mengandalkan intuisi dalam menjalankan bisnis.
Namun siapa sangka jika kesuksesan Somethinc justru berawal dari kegagalan Irene Ursula selaku founder. Dirinya sudah pernah mencoba bisnis skincare sebanyak tiga kali, jauh sebelum hadirnya Somethinc pada 2019. Sayangnya, usahanya tersebut gagal.
Meski demikian, Irene terus belajar soal kandungan, bahan baku, dan teknologi. Irene juga harus berusaha bagaimana caranya mendapatkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk lokal. Perlahan tapi pasti, Somethinc menunjukkan kualitasnya sebagai skincare lokal yang bisa diterima masyarakat Indonesia.
Zoe Alya selaku Marketing Somethinc mengatakan masyarakat harus berbangga karena saat ini skincare pasarnya sangat luas, dan merek Somethinc ini asli Indonesia, selain itu produk-produk nya pun sangat dibutuhkan para kaum hawa saat ini diantara nya Moisturizer, Cushion, Serum Wajah.
“Kita harus bangga dengan produk lokal, semoga kedepan Somethinc bisa menghadirkan produk-produk yang lebih inovatif dan bisa melengkapi kebutuhan para pecinta skincare. Saya mengucapkan terimkasih atas penghargaan yang telah diberikan oleh INFOBRAND.ID dan Tras N CO semoga Somethinc terus berprestasi dan brand nya bisa selalu dipercaya oleh customer,” jelas Zoe.
Susilowati Ningsih,CEO INFOBRAND.ID berkata dengan menghadirkan official store di marketplace pun menjadi keharusan, untuk membangun brand awareness dan meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Tidak hanya itu, officialstore juga menjadi senjata ampun untuk berkompetisi dengan brand lain di kategori produk yang sama.
Sebagai channel penjualan digital, official store di marketplace juga menjadi alat untuk memahami respon konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Bahkan melalui review konsumen, brand dapat menangkap ide untuk mengembangkan produknya agar menjadi lebih baik.
“Dan yang tidak kalah penting adalah, melalui penjualan yang terjadi, brand dapat mengukur tingkat keterpilihan dari produk yang ditawarkan,” ujarnya.