Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Toyota Astra Motor Raih Penghargaan CSR Bidang Lingkungan

Posted by: 2024 viewer

Toyota Astra Motor Raih Penghargaan CSR Bidang Lingkungan
TAM raih penghargaan CSR

PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu perusahaan yang dinilai memiliki kontribusi nyata terhadap upaya pelestarian lingkungan. Pada ajang Nusantara CSR Awards 2019 yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR, TAM mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Kedua penghargaan itu adalah Kategori Peningkatan Mutu Pendidikan melalui program bernama “Bersama Guru Membentuk Generasi Muda Ramah Lingkungan”, serta Kategori Pelibatan Komunitas Dalam Menangani Sampah melalui program bernama “Kurassaki – Kurangi Sampah Sekitar Kita”.

Vice President Director Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan selama ini program-program CSR Toyota Indonesia selalu berlandaskan pada 4 pilar yaitu lingkungan, pendidikan, keselamatan berkendara, dan pengembangan masyarakat/komunitas, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang memberikan apresiasi terhadap aktivitas CSR Toyota Indonesia, khususnya di bidang pelestarian lingkungan. Semoga penghargaan ini dapat kian mendorong Toyota khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya, untuk selalu bersama-sama dalam upaya pelestarian lingkungan,” ujar Henry, dalam keterangan resmi, Kamis (19/9).

IKLAN INFOBRAND.ID

Nusantara CSR Awards 2019 merupakan ajang penghargaan bagi perusahaan-perusahaan yang dianggap telah melakukan perubahan di masyarakat dan lingkungan hidup melalui berbagai program/inisiatif CSR-nya.

Toyota-Astra Motor memenangkan Kategori Peningkatan Mutu Pendidikan karena dinilai memiliki inisiatif atau program yang fokus pada peningkatan kapasitas guru, untuk mendapatkan keterampilan—keterampilan sosial yang perlu bagi peningkatan kehidupan sosial komunitas.

Program CSR Toyota di bidang ini adalah dengan melibatkan para pengajar, di mana pengembangan karakter ramah lingkungan dimulai dari sekolah, dengan menyasar siswa SMK melalui para guru mereka.

Program ini diawali dengan peningkatan soft skill bagi guru-guru berupa cara menyelesaikan masalah (problem solving) lingkungan. Program ini melibatkan ratusan guru dari 44 SMK di berbagai wilayah, dengan penyampaian materi berupa pelatihan, praktik, maupun studi kasus program lingkungan.

Berbagai program ramah lingkungan berhasil dibuat dan dilaksanakan dengan melibatkan para guru dan siswa, di antaranya Environmental Workshop, Environmental Seminar, Pejuang Go Green, Sekolah Berbudaya Lingkungan, Peringatan Hari Bumi Sedunia, pembuatan kompos dari sampah, membuat kerajinan tangan dari bahan sampah, membuat tempat sampah dari sampah, program 1 Student 1 Tree, riset Sungai Citarum, serta program penghematan listrik di rumah dan sekolah.   

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara itu, Kategori Pelibatan Komunitas Dalam Menangani Sampah diberikan kepada perusahaan yang dinilai menghargai inovasi pengolahan sampah yang berbasis komunitas.

Program Toyota bernama “Kurassaki – Kurangi Sampah Sekitar Kita” dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah seputar sampah dan dampaknya. Setiap hari volume sampah yang diangkut ke TPA Burangkeng mencapai 750 ton, dan jika dibiarkan dalam 10 tahun mendatang akan menjadi gunung sampah yang sangat mencemari lingkungan bagi generasi berikutnya.

Sehingga, Toyota membuat program edukasi yang kreatif dan menyenangkan bagi generasi muda dengan melibatkan beberapa PAUD di Kabupaten Bekasi. Tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik pada makanan, melakukan proses 3R sampah, serta menanamkan nilai-nilai/kebiasaan ramah lingkungan sedari dini hingga dewasa.

Adapun target secara kuantitatif dari program ini adalah berupa 10 kg reduksi sampah setiap hari, tercipta 10 variasi kerajinan dari barang bekas, serta dihasilkannya 1.000 ml pupuk cair dari limbah.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...