Sabtu, 04 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Transmart dan BUKA Garap E-Groceries, Aprindo: Tren Baru yang Disukai Masyarakat

Posted by: 567 viewer

Transmart dan BUKA Garap E-Groceries, Aprindo: Tren Baru yang Disukai Masyarakat
Kasir Transmart Blok M

INFOBRAND.ID-E-Groceries, model bisnis yang mengedepankan teknologi dan usaha ritel modern makin dilirik dan dinikmati masyarakat Indonesia.  Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy N. Mandey menyampaikan, e-groceries bakal semakin berkembang. Namun, ini tidak akan menghilangkan kebiasaan konsumen untuk berbelanja secara offline, baik di pasar modern maupun tradisional.

“Di 2023 ini, pasca pandemi, ini adalah sesuatu yang disebut sebagai kenyataan atau dinamisasi daripada bisnis ritel, dimana ritel semakin digital, retail semakin dipergunakan sebagai sarana penjualan. Kembali lagi, e-groceries akan berkembang tapi offline juga tetap akan dikunjungi. Jadi nanti  kedepannya seperti ini,” kata Roy.

e-Groceries Roy menjelaskan e-groceries merupakan cara berbelanja untuk masyarakat yang penuh dengan kesibukan, kepadatan, hingga tingkat mobilitas yang tinggi.

IKLAN INFOBRAND.ID

E-groceries pun menjadi pilihan, mengingat masyarakat saat ini yang melek digital dan ingin lebih praktis dalam berbelanja.  Hadirnya e-groceries dalam ritel modern juga dipandang perlu, sebagai bentuk adaptasi ritel modern terhadap kebiasaan belanja konsumen yang berubah-ubah.  “Untuk itu memang diperlukan untuk ritel modern, diperlukan adanya adopsi, adaptif terhadap kebutuhan masyarakat yang padat, sibuk, gratis, mobilitas  tinggi, ya menyediakan e-groceries,” ujarnya.

 Berdasarkan data Aprindo di 2022, sebanyak 60 persen masyarakat sudah mulai berbelanja secara offline, baik ke pasar modern maupun tradisional.

Kemudian, 25 persen masyarakat memilih untuk tetap berbelanja secara online, dan 15 persen masyarakat memilih hybrid. Hybrid ini, kata Roy, termasuk e-groceries misalnya buy online pickup in store, click and collect, atau park and shop. “Jadi sebenarnya bukan sesuatu yang baru tetapi ini merupakan suatu fenomena atau kenyataan bahwa masyarakat memang pasca pandemi ingin lebih praktis, cepet,” pungkasnya. 

Transmart menjadi salah satu ritel modern yang mulai merambah ke dunia e-groceries. Transmart, di bawah PT Trans Retail Indonesia berkolaborasi dengan PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) membentuk unit usaha baru grosir online dengan brand AlloFresh. Kolaborasi ini sudah berlangsung sejak 2022. Allofresh merupakan aplikasi berbasis online yang memberi pelayanan belanja atau groceries, dan bisa diunduh melalui playstore maupun appstore.

Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid menilai, prospek e-groceries sangat bagus di 2023 lantaran masyarakat diberikan sejumlah pilihan dalam berbelanja.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kalau memang dia ingin datang  ke toko ya datang ke toko fisik kita. Tapi kalau mereka mau, atau lagi nggak pengen keluar, istirahat di rumah atau lagi hemat pengeluaran, mereka cukup memesan dari rumah. Inilah fokus segmen pasar yang kita tuju,” ungkapnya.
 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G

Lengkapi Seri Note 40, Infinix Luncurkan Note 40 Pro 5G-Note 40 Pro+ 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Infinix kembali memanjakan penggemarnya dengan merilis dua ponsel anyarnya yaitu Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G se...


Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia

Peugeot Resmi Hentikan Penjualan di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot, secara resmi menghentikan penjualan mobil barunya di Indonesia sejak Kamis 2 Mei 2024...


Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 

Dilego Rp7,9 Jutaan, Ini Kelebihan Xiaomi Pad 6S Pro 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Xiaomi Indonesia menawarkan tablet anyar Xiaomi Pad 6S Pro, yang memiliki layar 12,4 inci dan menggunakan sistem operasi Hyper...


Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 

Resmi Meluncur di Indonesia, vivo V30e Dibanderol Segini 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel asal China, vivo, meluncurkan ponsel pintar baru berdesain ramping vivo V30e dengan harga mulai dari Rp4,6 jutaan...