Jum'at, 03 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Traveloka Dukung Percepatan Pemulihan Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Posted by: 1414 viewer

Traveloka Dukung Percepatan Pemulihan Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Albert, Co-Founder Traveloka di WCCE

INFOBRAND.ID-Traveloka, platform perjalanan dan gaya hidup di Asia Tenggara, mempertegas komitmennya dalam mendukung percepatan pemulihan industri pariwisata dan ekonomi kreatif melalui partisipasi dalam acara World Conference on Creative Economy (WCCE) dengan tema besar tahun ini “Inclusively Creative: A Global Recovery”, yang diadakan di Bali (6/10) sebagai rangkaian agenda mensukseskan presidensi Indonesia di KTT G20.

Dalam acara yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, serta dihadiri oleh lebih dari 3.000 peserta yang terdiri dari pemerintah, sektor swasta, pelaku industri kreatif, hingga akademisi, Traveloka berbagi pandangan mengenai sub-tema “Supporting an Epic Creative Economy” yang menitikberatkan kepada peran teknologi untuk pemulihan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. 

Albert, Co-Founder Traveloka, mengatakan “Di era yang serba terkoneksi, Traveloka sebagai platform digital, memiliki posisi yang strategis baik di industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Kedua sektor tersebut saling berkesinambungan dan membangun satu sama lain, terutama dalam masa pemulihan pasca-pandemi. Karenanya, kami selalu berpegang teguh terhadap tiga faktor penting dalam menjalankan bisnis kami yaitu, Connect, Empower, dan Promote. Kami percaya teknologi memainkan peranan positif bagi industri ekonomi kreatif yang terdampak pandemi untuk dapat pulih lebih cepat dan lebih kuat.”

IKLAN INFOBRAND.ID

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), setidaknya ada lebih dari 225.000 seniman dan pekerja kreatif yang terdampak pandemi, dan lebih dari 60% proyek ekonomi kreatif dibatalkan.

Di sisi lain, kita mengetahui bahwa industri pariwisata yang juga terdampak oleh pandemi, menjadi salah satu kontributor terbesar terhadap demand produk dan jasa ekonomi kreatif di tanah air. Karenanya, peran platform digital sangat penting sebagai katalisator yang menjembatani konektivitas antara kedua industri.

Pentingnya faktor Connect, Empower, dan Promote bagi Percepatan Pemulihan Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Industri pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan dua sektor yang saling berkesinambungan. Bagi Traveloka, kunci dari pentingnya peran teknologi untuk pemulihan kedua sektor tersebut berfokus pada   tiga faktor yaitu, Connect, Empower, dan Promote.

Terkait dengan  faktor Connect, Traveloka menghubungkan jutaan pengguna aktif dengan para pelaku industri kreatif dan pariwisata melalui ekosistem digital yang seamless. Sebagai perusahaan teknologi, hal ini menjadi krusial karena banyak pelaku industri lokal yang memiliki kualitas produk dan jasa yang baik, namun tidak mendapatkan exposure yang cukup. Dalam hal ini Traveloka berperan sebagai market connector bagi para pelaku industri ekonomi kreatif, khususnya di destinasi-destinasi pariwisata.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada faktor Empower, Traveloka juga memberdayakan para mitra pelaku usaha ekonomi kreatif dan pariwisata untuk mendiversifikasi produk dan layanannya agar tetap relevan dengan kebutuhan dan tren masa kini dan masa depan. Karenanya, Traveloka memberikan edukasi kepada mitra untuk menggunakan Travel Inventory di dalam aplikasi Traveloka dan banyak dari mereka yang dapat memperluas jangkauan bisnisnya secara signifikan.

Selain itu, berdasarkan tren konsumen yang meningkat dalam aspek pariwisata berkelanjutan, Traveloka memberikan serangkaian pelatihan terhadap para mitra untuk membekali mereka dengan silabus pariwisata berkelanjutan melalui kerja sama Traveloka dengan Global Sustainable Tourism Council (GSTC).

Dalam faktor Promote, Traveloka secara konsisten mendorong eksposur berbagai destinasi wisata non-populer untuk meningkatkan cakupan pasar para pelaku ekonomi kreatif di lokasi wisata melalui inovasi kegiatan kampanye digital. Selain itu, Traveloka juga secara konsisten meningkatkan kepedulian terhadap pariwisata berkelanjutan di berbagai lokasi wisata untuk meningkatkan kualitas dan aspek keberlanjutan dalam pariwisata, dimana diyakini tren ekowisata yang cenderung meningkat berpotensi akan menguntungkan perekonomian masyarakat lokal pada destinasi wisata berkelanjutan.

Agenda World Conference on Creative Economy (WCCE) yang dihelat di Bali tahun ini, berfokus terhadap bagaimana sektor ekonomi kreatif dapat berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi dengan pendekatan yang inklusif dan menyeluruh (holistic). Dengan melihat besarnya potensi yang ditawarkan di industri ini, inovasi yang didukung dengan digitalisasi menjadi salah satu kunci dari percepatan pemulihan ekonomi dunia.

“Kehadiran Traveloka melalui inovasi teknologi yang dilakukan menjadi bukti nyata akan dampak positif  yang bisa diberikan oleh perusahaan teknologi untuk berkontribusi dalam mendukung pemulihan sektor ekonomi pasca-pandemi yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Hal ini juga sejalan dengan misi kami untuk menghadirkan solusi berbasis teknologi. Kami  berharap dapat memberikan lebih banyak lagi dampak sosial dan ekonomi yang konkret melalui inovasi dan kolaborasi yang secara konsisten terus kami lakukan,” tutup Albert.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital

GrabAds & Kantar Fokuskan Perkembangan TMN di Dunia Digital
INFOBRAND. ID, JAKARTA – Retail Media Network (RMN) dipercaya akan menjadi cara baru bagi para pengiklan untuk menjangkau konsumen. Ekosistem in...


Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner

Hadir di Indonesia, Spartan Race Kolaborasi dengan BRImo Sebagai Mobil Banking Partner
INFOBRAND.ID-Spartan Race, penyelenggara Pertandingan Halang Rintang yang didukung PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk, akan menyelenggarakan a...


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...