Sabtu, 24 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Upaya Sampoerna Academy Perkenalkan Prinsip Solidaritas, Inklusivitas, dan Cinta Damai Sejak Dini

Posted by: 313 viewer

Upaya Sampoerna Academy Perkenalkan Prinsip Solidaritas, Inklusivitas, dan Cinta Damai Sejak Dini
Sampoerna Academy

INFOBRAND.ID-Pada perayaan United Nation Day (UN DAY) beberapa waktu lalu, Sampoerna Academy menggelar inisiatif bertajuk “Equality, Freedom and Justice for All”. Tema tersebut melambangkan dan menyuarakan hak asasi manusia serta perjuangan menuju kesetaraan, kebebasan dan keadilan sesuai dengan relevansinya terhadap anak, untuk mencapai persatuan dalam keberagaman.

Pemilihan tema kali ini terkait dengan diperingatinya 75 tahun Universal Declaration of Human Rights (UDHR), di mana seluruh warga dunia memiliki peran positif dalam memajukan Hak Asasi Manusia, termasuk pada anak-anak. Tema tersebut ditujukan untuk mendorong semua orang agar terus menjalani kehidupan berdasarkan prinsip-prinsip tersebut sehingga dunia menjadi semakin baik.

Dituturkan Kepala Sekolah Sampoerna Academy Kampus BSD Aisha Bibi, memperkenalkan prinsip dasar solidaritas, inklusivitas, dan cinta damai pada anak sejak dini harus menjadi komitmen institusi pendidikan. “Sampoerna Academy secara konsisten terus mengenalkan keberagaman budaya sejak dini demi mendorong mereka memiliki pikiran yang terbuka terhadap dunia. Hal ini sangat diperlukan bagi mereka dalam pembentukan karakter sehingga mereka dapat menjadi individu yang berpartisipasi dalam perdamaian dunia,” ucapnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih jauh ia menjelaskan, Sampoerna Academy menerapkan pembelajaran yang berfokus pada pedagogi STEAM (metode pembelajaran dengan basis Science, Teknologi, Engineering, Art, and Matematic) yang memandu siswa untuk menjadi pembelajar seumur hidup (lifelong learner), sehingga mampu bersaing, unggul, serta menjadi pemimpin masa depan.

"Dalam memperkenalkan keberagaman, Sampoerna Academy menggunakan konsep home country, adopted country, dan house country sehingga dapat lebih mudah dipahami karena para murid berasal dari berbagai daerah maupun negara," lanjutnya.

Semangat keberagaman dan persatuan ini dirayakan oleh Sampoerna Academy dengan beberapa kegiatan di masing-masing sekolah, antara lain parade bendera, kesenian, pakaian, makanan, serta kerajinan tangan dari berbagai negara.

“Ini tentunya memaknai semangat menghargai keberagaman oleh para siswa, salah satunya di Sampoerna Academy Kampus BSD ini. Para siswa dari tingkat Early Learning/PAUD hingga Sekolah Menengah Pertama sangat antusias berpartisipasi mewakili berbagai negara di dunia dengan memperkenalkan pakaian tradisional, makanan, serta kerajinan tangan dari negara tersebut. Selain itu, para siswa juga menunjukkan bakat dan kreativitas melalui tarian dan drama musikal dari berbagai negara,” terang Aisha.

Sampoerna Academy melibatkan pihak eksternal untuk menegaskan komitmennya dalam membentuk karakter anak dengan pemikiran global melalui acara Mommy & Me. Acara ini menghadirkan berbagai aktivitas menarik, seperti Interactive Story Time dan Art Tim (Making Earth Craft) yang dapat mengajarkan anak untuk menghargai perbedaan budaya, Sensory Play yang dapat membantu anak mengembangkan rasa empati dan toleransi, serta Gym Time (Ribbon Dance) yang dapat mengajarkan anak berpikir kritis dan kreatif.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Melalui berbagai program yang telah kami lakukan, harapan kami dapat terus menanamkan konsep keberagaman dan menghargai perbedaan secara open minded, demi terwujudnya persatuan dan perdamaian dunia. Sebagai lembaga pendidikan, kami selalu membantu dan memfasilitasi siswa untuk berpikir lebih holistik dan mendorong mereka menjadi pemecah masalah untuk membentuk karakter menjadi warga dunia,” harapnya.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan

Bank Jatim Berikan Mobil Pelayanan Pajak di Bangkalan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank Jatim menyalurkan corporate social responsibility (CSR) berupa satu unit mobil kepada Pemerintah Kabupaten Bangkalan untu...


Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik

Sulap Tutup Botol jadi Produk Baru yang Estetik
INFOBRAND.ID - Sampah jika tidak dikelola dengan baik akan mencemari lingkungan. Terutama sampah platik, yang tidak dapat terurai secara alami, akan m...


Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel

Gandeng Baznas, PT PII Bangun Rumah Kemas untuk UMKM di Sulsel
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meresmikan pembangunan...


BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak

BSI Maslahat Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Demak
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BSI Maslahat menyalurkan bantuan kepada penyintas banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, senilai Rp100...