Senin, 26 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Usung Program CSV SolarPump dan Solartree, PT. Len Industri Masuk Nominasi Top CSV Award 2021

Posted by: 1338 viewer

Usung Program CSV SolarPump dan Solartree, PT. Len Industri Masuk Nominasi Top CSV Award 2021
Penjurian Top CSV Award 2021 - PT. Len Industri (foto istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – PT.Len  Industri selaku perusahaan BUMN dibawah koordinasi dari Kementrian BUMN yang berkecimpung dalam bisnis berbasis teknologi dengan kekuatan inti dalam bidang kompentensi sumber daya manusia yang mampu melakukan perancangan rekayasa, pengembangan produk, manufaktur, pengujian dan commissioning, konstruksi dan instalasi operasi dan pemeliharaan.

Dalam menjalankan program CSV, Len Industri memiliki Program Tenaga Surya untuk Bangsa “SolarPump”, berupa Pompa Air Tenaga Surya sebagai salah satu produk Tenaga Surya yang dikembangkan dan diproduksi oleh Len Industri serta untuk disumbangkan di beberapa titik  di tanah air membantu pengadaan sarana air bersih untuk masyarakat.

Dan satu lagi, Tenaga Surya untuk Bangsa “Solartree”, yaitu memanfaatkan tenaga matahari untuk dapat diaplikasikan ke ragam kebutuhan masyarakat salah satunya adalah lampu taman penerangan jalan umum.

IKLAN INFOBRAND.ID

Berkat proogram baru tersebut, PT. Len Industri berhasil masuk dalam nominasi penjurian Top CSV Award yang diadakan oleh Infobrand.id bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia yang digelar, Senin (27/9/21).

Doni Gunawan dan Yuda Riantono, selaku Perwakilan PT. Len Industri menjelaskan mengenai program CSV perusahaan Tenaga Surya Untuk Bangsa. “Len Industri sebagai produsen panel surya pertama di Indonesia selama berdekade terus mengkampanyekan penggunakan energi surya oleh masyarakat Indonesia dan Dunia. Dalam pembangunan keberlanjutan (Sustainable Development) yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan keberlanjutan bisnis perusahaan, wujud kepedulian Len kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya menjadi komitmen dan tanggung jawab perusahaan dalam menerapkan kebijakan usaha Len. Dalam rangka itulah dilaksanakan suatu program yang dinamakan Tenaga Surya untuk Bangsa”

Untuk efeknya sendiri yang akan diterima mitra dan industri yakni berupa Green Energy untuk masyarakat, melawan perubahan iklim, kurangi efek rumah kaca, penambahan promosi Len Industri, pelatihan teknisi PLTS serta pemesanan produk dan jasa. Ada pula beberapa program yang telah dihadirkan sejak 2016 hingga beberapa tahun ke depan terkait program Tenaga Surya Untuk Bangsa.

Di tahun 2016, Len Industri melakukan kegiatan Pompa Air Tenaga Surya Untuk Pengairan Sawah, di tahun 2018 ada juga program terkait Lampu Taman Tenaga Surya di salah satu taman Kota Bandung. Doni juga menambahkan “Di tahun ini, rencananya kami  akan mengalihkan fokus dari  Penerangan Tenaga Surya menjadi  Pompa Air Tenaga Surya, karena  terbukti memberi benefit yang lebih  baik pada kinerja korporasi. Pemerintah Propinsi NTT, setelah  melihat bantuan Pompa Air Tenaga  Surya Len Industri berjalan baik,  direncanakan akan melakukan  pemesanan 140 unit Pompa Air  Tenaga Surya.”

Terkait program CSV Tenaga Surya untuk Bangsa “Solarpump”, Yuda menjelaskan “Program ini merupakan Pompa Air Tenaga Surya yang sebagai salah satu produk  Tenaga Surya yang dikembangkan dan diproduksi  oleh Len Industri serta sudah disumbangkan di  beberapa titik di tanah air membantu pengadaan  sarana air bersih untuk masyarakat. Ada pula manfaatnya untuk perusahaan yaitu pengenalan energi baru terbarukan, mengkampanyekan penggunaan energi baru terbarukan kepada masyarakat, media promosi produk Len, memperoleh kontrak pengerjaan unit solarpump dari pemerintah daerah dan menambah pendapatan Len. Sedangkan pemanfaatan untuk pemerintah membantu pemerintah mensejahterakan dan membantu masyarakat dan teknologi yang diciptakan Len dapat dipergunakan pemerintah untuk masyarakat. Lalu untuk masyarakat sendiri bermanfaat untuk yang bertempat tinggal di daerah terpencil dan airnya bisa digunakan selain untuk kebutuhan MCK”

IKLAN INFOBRAND.ID

“Sedangkan untuk “Solartree”, Len dikenal sebagai produsen Solar Modul yang  memanfaatkan tenaga matahari untuk dapat  diaplikasikan ke ragam kebutuhan masyarakat salah  satunya adalah Lampu Taman dan Lampu  Penerangan Jalan Umum. Program yang dijalankan  selaras dengan program pemerintah yang sedang  giat dalam proses pembangunan kota. Dan untuk pemanfaatan dari kegiatan ini menciptakan tenaga kerja yang dapat diserap oleh Len Industri, sebagai media pembelajaran untuk guru dan siswa/I Teknik dan bisa dijadikan spot wisata” tambahnya.

Menanggapi pemaparan PT. Len Industri dalam kegiatan CSV-nya, Tri Raharjo, S.E., M.M., selaku CEO TRAS N CO Indonesia menyatakan pertanyaannya “PT. Len Industri menjelaskan bahwa perusahaan mempunyai mitra hingga 500, mitra binaannya tersebut mulai dari survey, produksi, instalasi, pelatihan dan perawatan. Apakah manfaat yang didapatkan dari mitra binaan langsung PT. Len Industri jika sudah terdata seperti itu. Serta bagaimana pola kerja sama dengan mitra itu sendiri”

“Pola kerja sama dan dalam mencari mitra kami senantiasa melakukan pendaan modal usaha kepada UMK atau tenaga lepas, agar mereka juga bisa mengembangkan usahanya sendiri dan tentunya dengan partisipasi kami sebagai produsen. Tak lupa adanya pelatihan kepada mitra juga dilakukan guna tetap menjaga hubungan supaya tidak ada masalah dalam menjalankan beberapa kegiatannya. Dan alhamdulillah sekarang mereka bisa senantiasa mandiri dan berkembang, beberapa diantara mereka sudah mempunyai usaha yang memadai dan tidak semua di bidang yang sama” jelas Yuda.

Sebagai informasi, TOP CSV Award 2021 merupakan sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atau brand yang telah berhasil menjalankan program “creating share value”. Top CSV Award terselenggara berkat kerjasama INFOBRAND.ID sebagai Indonesia number one brand media, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, dan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga.

Penjurian dilakukan oleh Dr. Gancar C Premananto, CMD, selaku Head of Management Department FEB, Universitas Airlangga, dan Senior Consultant & Mentor CSV, Tri Raharjo, selaku CEO TRAS N CO Indonesia, sekaligus Founder Komunitas Indonesia Brand Network, dan Drs. Mas Achmad Daniri, MEc, selaku Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance, Pakar Good Corporate Governance (GCG), dan Penulis Buku Lead By CSV.

IKLAN INFOBRAND.ID

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND GROUP mengatakan, setelah proses penjurian, dan pengumuman serta masuk dalam Nominasi TOP CSV Award 2021. Sedangkan penghargaan TOP CSV Award 2021 akan diberikan bersamaan dengan pengelangaraan Webinar Nasional pada tanggal 14 Oktober 2021, dengan Tema "CSR to CSV", yang bertujuan mengedukasi para pelaku CSR untuk melakukan transformasi program CSR menjadi CSV (Creating Shared Value) bukan hanya konsen pada dampak sosial saja tetapi juga dampak ekonomi. 

“Harapan saya dalam proses penjurian TOP CSV Award 2021 adalah meningkatnya kepercayaan diri perusahaan untuk terus menciptakan program CSV berkelanjutan, yang tentunya mampu memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan ekonomi, lingkungan dan sosial,” tutup Susi

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2024

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA -  InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 4th Indonesia T...


Pegadaian Kembali Raih Penghargaan Indonesia Brand Champions 2024

Pegadaian Kembali Raih Penghargaan Indonesia Brand Champions 2024
INFOBRAND.ID-PT Pegadaian komitmen pada strategi transformasi produk dan layanan. Komitmen itu pun akhirnya berbuah hasil manis. Salah satu hasil d...


Awal Tahun 2024, JNE Raih Penghargaan Indonesia Brand Champions

Awal Tahun 2024, JNE Raih Penghargaan Indonesia Brand Champions
INFOBRAND.ID-JNE mengawali 2024 dengan menorehkan prestasi. Kali ini JNE meraih  penghargaan yaitu Indonesia Brand Champion 2024 . Acara yang dii...


Perkuat Layanan Mobile, BAF Raih Indonesia Brand Champions 2024

Perkuat Layanan Mobile, BAF Raih Indonesia Brand Champions 2024
INFOBRAND.ID-PT Bussan Auto Finance (BAF) merupakan perusahaan layanan keuangan terkemuka di Indonesia yang menyediakan solusi pembiayaan untuk berbag...