Sabtu, 13 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Wewangian Lokal Tumbuh Subur di E-commerce

Posted by: 760 viewer

Wewangian Lokal Tumbuh Subur di E-commerce
Beauty and Personal Care Category Senior Lead Tokopedia Stefanie Yuli/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wewangian seperti parfum dan pengharum ruangan reed diffuser kian diminati masyarakat Indonesia setelah pandemi sehingga menyuburkan ragam wewangian dan penjualannya.

Mengutip Antara, Rabu (21/2/2024), Pimpinan Kategori Produk Kecantikan dan Perawatan Diri, Tokopedia Stefanie Yuli melihat terdapat lonjakan penjualan parfum dan diffuser secara signifikan pada platform tersebut.

“Tren Tokopedia selama 2023 pascapandemi jika dibandingkan dengan 2020 sebelum atau prapandemi itu penjualan produk parfum dan reed diffuser mengalami lonjakan yang signifikan. Kalau untuk parfum itu lonjakannya lebih dari dua kali lipat, sedangkan kalau reed diffuser lebih dari 13 kali lipat,” kata Stefanie.

IKLAN INFOBRAND.ID

Industri wewangian lokal Indonesia menunjukkan potensi besar dalam pertumbuhan ekonomi dan pasar domestik, berdasarkan data terbaru dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tercatat kontribusi industri kosmetik, termasuk sektor wewangian mencapai 3,83 persen pada kuartal III tahun lalu.

Lonjakan penjualan wewangian merek lokal di Tokopedia tidak hanya terjadi di wilayah perkotaan seperti DKI Jakarta, tetapi, juga di daerah-daerah seperti Sumatera Barat, Lampung, Jawa Tengah, hingga Riau. 

Stefanie menilai kini masyarakat sudah lebih peduli soal wewangian sehingga banyak jenama lokal yang mengeluarkan beragam jenis wewangian untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Stefanie juga menilai kolaborasi Tokopedia dengan TikTok turut berperan meningkatkan kesadaran masyarakat atas jenama lokal, khususnya wewangian. Berdasarkan data dari TikTok, tren penjualannya menunjukkan adanya peningkatan sebesar 100 persen (periode Januari 2023 dibandingkan Januari 2022) dalam penjualan produk parfum lokal.

Upaya Tokopedia untuk memperluas pasar bagi jenama lokal tidak hanya terbatas pada platformnya, tetapi, juga melalui berbagai kampanye, sebagai contoh saat Harbolnas beberapa waktu lalu yang mampu mendorong pertumbuhan transaksi.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Tokopedia memberi panggung lebih untuk berbagai merek lokal termasuk melalui kampanye yang digalakkan seperti kampanye Harbolnas ‘Beli Lokal’ yang membuat jenama kecantikan dan perawatan diri lokal rata-rata memiliki kenaikan transaksi hingga 19 kali lipat dari bulan sebelumnya,” ujarnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hadir di Indonesia, Shop.Com Klaim akan Bawa Produk Jamu Mendunia

Hadir di Indonesia, Shop.Com Klaim akan Bawa Produk Jamu Mendunia
INFOBRAND.ID - Perkembangan industri e-commerce dan besarnya market Indonesia mendorong perusahaan e-commerce dari berbagai negara masuk ke pasar Indo...


Ini Bukti NETA V-II Aman Menerjang Banjir

Ini Bukti NETA V-II Aman Menerjang Banjir
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT NETA Auto Indonesia membuktikan bahwa mobil listrik NETA V-II tetap aman dikendarai pada kondisi genangan dan banjir dangka...


Galaxy Z Flip6 rilis di Indonesia, Ini Spek dan Harganya

Galaxy Z Flip6 rilis di Indonesia, Ini Spek dan Harganya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Samsung meluncurkan ponsel lipat Galaxy Z Flip6 di Indonesia yang hadir dengan kamera utama sebesar 50 MP, yang dirilis bersam...


Japota Gandeng JKT48 Luncurkan Inovasi Baru Japota Nipis Pedas

Japota Gandeng JKT48 Luncurkan Inovasi Baru Japota Nipis Pedas
INFOBRAND.ID – Sukses dengan empat varian yang menjadi favorit konsumen, Japota, merek snack keripik kentang produksi Calbee Wings, meluncurkan...