Senin, 29 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Begini Cara Meningkatkan Penjualan Selama Ramadhan

Posted by: 424 viewer

Begini Cara Meningkatkan Penjualan Selama Ramadhan
e-Commerce/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bulan Ramadhan mendatangkan peluang besar bagi pengusaha, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, untuk meningkatkan penjualan produk mereka secara daring.

Dikutip dari keterangan resminya, pada Selasa (5/3/2024), Merchant Marketing Lead Tokopedia, Annabel memberikan kiat-kiat bagaimana meningkatkan penjualan produk lewat platform layanan daring menjelang dan selama bulan Ramadhan.

1. Jaga stok barang
Angka penjualan beberapa produk biasanya mengalami peningkatan selama Ramadhan, karena itu sebaiknya mengecek stok barang di toko dan memastikan jumlahnya aman agar pembeli tidak berpaling ke toko lain.

IKLAN INFOBRAND.ID

2. Pertajam copywriting
Annabel menyarankan pelaku usaha yang berjualan menggunakan platform daring untuk mempertajam tulisan promosi atau copywriting agar bisa langsung dipahami oleh target pembeli.

Gunakan kalimat yang bisa mencuri perhatian calon pembeli pada banner toko maupun deskripsi produk, misalnya dengan menaruh harga produk setelah diskon.

Agar lebih relevan, terapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) dengan menyasar kata-kata relevan yang lagi populer agar toko penjual mudah ditemukan calon pembeli melalui mesin pencarian.

Ada baiknya menciptakan suasana a la Ramadhan dengan dengan mendekorasi toko untuk menarik perhatian pembeli. 

3. Hadirkan berbagai promo menarik
Sebaiknya pelaku usaha menyisihkan anggaran untuk promosi selama Ramadhan. Tawarkan berbagai promosi menarik untuk menarik perhatian calon pembeli.

IKLAN INFOBRAND.ID

Terdapat beberapa fitur promosi yang dapat dimanfaatkan penjual antara lain kupon cashback, diskon toko, flash sale, rilisan spesial, diskon bertingkat, hadiah pembelian, bebas ongkos kirim, dan masih banyak lagi.

4. Manfaatkan tren video pendek dan siaran langsung
Platform media sosial bisa digunakan untuk menyebarkan informasi promo yang dihadirkan. Lakukan dengan menetapkan konten yang ingin disampaikan dan mengatur jadwal unggah konten, termasuk saat sahur, ngabuburit, dan berbuka puasa.

Pastikan konten dan topik bahasan sesuai dengan kategori produk yang dijual. Misal, untuk produk fesyen, penonton cenderung ingin mengetahui kualitas serta tampilan dari produk tersebut.

5. Evaluasi penjualan
Pelaku usaha sebaiknya meluangkan waktu untuk mengevaluasi performa penjualan toko dengan mengecek data penjualan, kunjungan toko, produk terlaris dan produk yang belum terjual, ulasan pembeli, dan tren pasar untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Selain itu, evaluasi pula anggaran yang telah dikeluarkan serta manfaat dari kampanye atau promosi toko yang sudah dijalankan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pantau juga performa promosi toko di media sosial. Lakukan evaluasi angka, metrik serta engagement rate di media sosial setiap minggunya. Cek juga kualitas komentar yang ada di setiap konten untuk mengetahui relevansi konten yang dibuat.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali set...


Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024

Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, JNE hari ini menggelar Halal Bihalal bersama media di Rampstar Kitchen, Jl....


Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru

Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru
INFOBRAND.ID-Franchise & License Expo Indonesia, FLEI EXPO 2024 edisi ke-22 akan kembali digelar pada 10-12 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran, Hall D2,...


Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar

Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar
INFOBRAND.ID-Semifinal dan Final Tekiro Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau&...