JAKARTA - Untuk memberikan kepuasan pelanggan, perusahaan dituntut cepat dan tepat untuk merespon kebutuhan pelanggan. Mulai dari pemberian informasi, menampilkan produk/jasa, transaksi, hingga proses tanya-jawab dengan customer service, semuanya harus melalui proses yang cepat dan tepat.
Untuk mewujudkan kepuasan pelanggan, MyRepublic perusahaan internet rumahan terkemuka menghadirkan chatbot WhatsApp yang mampu melayani pelanggan kapanpun dimanapun selama 7x24 jam.
Vice President Customer Journey MyRepublic, Edwin Satyadi mengatakan, untuk memberikan layanan tersebut, bekerjasama dengan solusi NLP Chatbot dari Bahasa.ai menghadirkan Virtual Assistant di seluruh rumah pelanggan MyRepublic dan meningkatan customer experience dalam berlangganan.
"Bahasa.ai juga mendukung kemudahan dalam bertransaksi. Karena teknologi Bahasa.ai memungkinkan chatbot terhubung dengan beragam metode pembayaran yang ada, seperti transfer bank, virtual account, serta berbagai jasa pengiriman," kata Edwin, dalam keterangan media belum lama ini.
Untuk diketahui, berdasarkan riset Facebook dan Boston Consulting Group, sebesar 91% minat masyarakat Indonesia menambah jumlah transaksi belanjanya atau membeli sesuatu akan semakin tinggi dan besar setelah melakukan conversational commerce atau percakapan dengan penyedia jasa/barang lebih dulu.
Tapi di lain sisi, tidak semua perusahaan mampu memberikan conversational commerce dengan optimal. Bila terus dibiarkan, maka perusahaan akan lambat berkembang, bahkan cenderung kalah bersaing karena tak mampu mengikuti kemajuan teknologi.
Hokiman Kurniawan, Co-Founder sekaligus CEO Bahasa(dot)ai mengungkapkan, merespons hal tersebut, Bahasa(dot)ai hadir sebagai penyedia teknologi chatbot berbasis artificial intelligence (AI)/kecerdasan buatan yang dapat memberikan bantuan secara real time, tepat saat pelanggan membutuhkannya.
“Selain itu, chatbot berbasis conversational AI juga dapat memberikan tiga manfaat. Pertama, memberikan pengalaman khusus yang unik bagi setiap pelanggan untuk membangun hubungan positif. Kedua, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan ketiga, meningkatkan persepsi memuaskan konsumen dan mendapatkan respon baik dari pelanggan,” kata Hokiman.
Hokiman menegaskan, chatbot AI hadir bukan untuk menggantikan peran manusia, melainkan meningkatkan pelayanan. Sebab, kata dia, ada beberapa hal dalam menangani konsumen yang masih memerlukan sentuhan empati dan simpati manusia.
"Bahasa.ai hadir dengan unique value proposition. Di antaranya, Bahasa.ai berfokus mengembangkan chatbot AI dengan penguasaan frasa bahasa Indonesia yang sangat luas. Kemudian kami saat ini menjadi pengembang chatbot berteknologi Natural Language Processing (NLP) pertama di Indonesia yang mampu menangani percakapan dengan pengguna secaras pesifik seputar product knowledge," kata dia.
Hokiman menambahkan, Bahasa.ai juga menjadi satu-satunya pengembang chatbot AI di Indonesia yang melayani journey customer secara lengkap. Ini mulai dari menarik minat pelanggan, proses pembelian, program loyalitas, hingga advokasi pelanggan.