Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Gandeng IAI, Kimia Farma Optimalkan Layanan Kefarmasian

Posted by: 595 viewer

Gandeng IAI, Kimia Farma Optimalkan Layanan Kefarmasian
Kimia Farma/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Kimia Farma Apotek (KFA) bekerja sama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) untuk optimalisasi pelayanan bidang kesehatan dan kefarmasian kepada masyarakat.

"Kami bangga bisa menjalin kolaborasi dengan IAI sebagai mitra strategis untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sekaligus akses kefarmasian kepada masyarakat," kata Direktur Utama KFA Agus Chandra dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (28/8/2023).

Kolaborasi KFA-IAI tersebutdikukuhkan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat IAI Noffendri Roestam dan Direktur Utama KFA Agus Chandra serta Direktur Operasional KFA Muhardiman di Solo, Jawa Tengah, Jumat 25 Agustus 2023 lalu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ruang lingkup kerja sama tersebut mencakup layanan Apoteker Praktik dan program Apoteker Advance.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasional KFA Muhardiman menuturkan melalui Layanan Apoteker Praktik, para apoteker di bawah IAI yang sudah berpengalaman juga bisa praktik di outlet-outlet Kimia Farma yang pada jam operasional sibuk membutuhkan tambahan tenaga apoteker.

Apoteker praktik tersebut akan memberikan pelayanan seperti informasi obat (PIO), konseling, swamedikasi, layanan home care pharmacist, dan telefarma. Selain mendapatkan imbalan jasa, outlet KFA juga dapat menjadi tempat praktik untuk melengkapi syarat kerja apoteker.

Dengan jumlah 1.244 outlet dan lebih dari 400 klinik dan lebih dari 70 laboratorium, KFA membutuhkan dukungan dan jasa layanan dari para apoteker.

Di sisi lain, ekspansi jaringan outlet sejak awal tahun ini dan ditargetkan menambah hingga 100 outlet baru, menurut Muhardiman, KFA membutuhkan tambahan tenaga apoteker.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sedangkan, pada Program Apoteker Advance, IAI akan memfasilitasi pendidikan berkelanjutan program Apoteker Advance khusus untuk Apoteker KFA. 
Program itu meliputi enam klaster yaitu Expert Professional Practice, Collaborative Working Relationship, Leadership, Management, Education, Training and Development, dan Research and Evaluation.

Melalui program tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi apoteker dari level awal hingga tingkat lanjut.

Selain itu, KFA telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti Optik Melawai, Warung Sehat, RSCM, SiapDok, beberapa RSUD, Gojek, Tokopedia, Shopee, Livin Mandiri, dan mitra lainnya.

Kolaborasi KFA dengan RSCM dan SiapDok mengembangkan klinik virtual, yang juga butuh dukungan para tenaga profesional apoteker yang tergabung dalam IAI.

"Dengan klinik virtual ini, KFA ingin memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mengakses layanan dokter jarak jauh," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...