Rabu, 08 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Kiat Melakukan Branding Buat Para Pelaku UMKM

Posted by: 1140 viewer

Ini Kiat Melakukan Branding Buat Para Pelaku UMKM
Ilustrasi pengusaha kecil/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Saat ini branding masih belum menjadi fokus dari pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kebanyakan mereka masih berkutat pada hal berkaitan trading.

Padahal, melakukan branding sangatlah penting, karena merupakan suatu cara untuk mengenalkan produk yang dimiliki dengan tujuan memperbesar serta membangun brand dan juga manfaat dari produk tersebut.

Dengan kata lain, branding merupakan usaha membangun identitas sebuah produk, lantas apa saja yang perlu diperhatikan dalam membangun branding untuk UMKM, berikut ulasan singkatnya seperti dikutip dari Dana.id, Rabu (15/9/2021).

IKLAN INFOBRAND.ID

1. Identitas yang Orisinil
Tampilan sangatlah penting untuk sebuah brand. Oleh karena itu, buatlah identitas yang orisinil, otentik, dan berbeda dengan para kompetitor yang sudah ada sekarang ini. 

Dengan membuat identitas yang orisinil, otentik, serta unik, tentu akan membuat brand yang dimiliki lebih mudah diingat oleh para konsumen.

 
2. Tonjolkan Ciri Khas
Dalam melakukan branding, gunakan kata-kata, tagline, hingga pilihan warna yang berkarakter dan punya ciri khas sehingga menciptakan identitas branding yang benar-benar kuat. 

Nah, dengan identitas yang kuat tersebut akan membuat aktivitas promo yang dilakukan akan berjalan lebih lancar lantaran masyarakat mudah mengingat produk yang dimiliki.


3. Perhatikan detail
Terkesan remeh memang, tetapi banyak detail kecil yang suka luput dari perhatian pengusaha UMKM. Mulai dari pilihan warna, logo, jenis font, cara berkomunikasi, bahkan sampai bentuk packaging. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Nah, untuk packaging buatlah kemasan dengan baik dan unik untuk menaikkan value dari produk yang dijual. Jadi, dengan strategi yang tepat, hal-hal detail ini justru akan memperkuat posisi branding produk kita.


4. Maksimalkan Media Sosial
Setelah hal tadi dilakukan, pengusaha UMKM harus memaksimalkan peran media sosial. Pasalnya, saat ini media sosial adalah medium branding paling efektif. 

Oleh karena itu, kita harus memaksimalkan platform-platform media sosail seperti instagram, facebook, atau tiktok dalam membangun brand. 

Yang perlu diingat adalah jangan lupa untuk menyesuaikan gaya komunikasi dengan audiens yang ingin sasar di masing-masing platform media sosial tersebut.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Dukung Promosi Produk Binaan, Hutama Karya Resmikan Galeri Usaha Mikro

Dukung Promosi Produk Binaan, Hutama Karya Resmikan Galeri Usaha Mikro
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) meresmikan galeri dan vending machine usaha mikro dan kecil (UMK) di HK Tower, Jakarta, Selasa. E...


BRI-Microsoft Sepakat Dukung Inklusi Keuangan Lewat AI

BRI-Microsoft Sepakat Dukung Inklusi Keuangan Lewat AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bekerja sama dengan Microsoft untuk mendukung inklusi keuangan di Indonesia me...


Kembali Digelar, IPA Convex ke-48 Momentum Kebangkitan Industri Migas

Kembali Digelar, IPA Convex ke-48 Momentum Kebangkitan Industri Migas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesian Petroleum Association (IPA) kembali menggelar Konvensi dan Pameran IPA ke-48 2024 dengan tema “Gaining Moment...


Bata Tutup Pabrik, Begini Kata Kemenperin

Bata Tutup Pabrik, Begini Kata Kemenperin
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan penutupan pabrik sepatu Bata tersebut menunjukkan pentingnya investasi demi...