Selasa, 30 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Upaya Bank DBS Indonesia Dalam Mendukung Karyawan dan Masyarakat yang Terdampak Pandemi

Posted by: 1616 viewer

Ini Upaya Bank DBS Indonesia Dalam Mendukung Karyawan dan Masyarakat yang Terdampak Pandemi
Upaya DBS Menghadapi Pandemi

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi yang terjadi saat ini berdampak pada kinerja berbagai sektor termasuk ekonomi. Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam webinar bertajuk “Sinergi Memulihkan Negeri” di Jakarta (5/4/2021) memperkirakan bahwa pandemi yang terjadi saat ini masih akan menimbulkan dampak atau disrupsi ekonomi hingga tahun 2022.

Meskipun begitu, pemerintah juga menyampaikan bahwa kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dapat pulih pada kuartal kedua 2021 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mencermati penyebaran Covid-19 dan dampaknya bagi masyarakat, Bank DBS Indonesia sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan (purpose-driven bank) untuk memberikan dampak positif mendukung program pemerintah dalam menghadapi pandemi dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Dukungan Bank DBS Indonesia ini dilakukan dengan menerapkan berbagai tindakan mulai dari pencegahan hingga memberikan donasi kepada karyawan internal dan masyarakat. Berikut beberapa tindakan dukungan yang dilakukan Bank DBS Indonesia selama masa pandemi:

IKLAN INFOBRAND.ID

1. Mengindahkan imbauan program pemerintah dengan memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi bagi karyawan, keluarga dan anggota serumah.

Bank DBS Indonesia memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi melalui program kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah terkait dan asosiasi perbankan, tidak hanya bagi seluruh karyawan tapi juga seluruh anggota keluarga karyawan yang tinggal dalam satu rumah yang sama, termasuk didalamnya asisten rumah tangga. Hingga saat ini, 90% karyawan Bank DBS Indonesia telah mendapatkan vaksinasi tahap pertama. Vaksinasi karyawan Bank DBS Indonesia ini berlangsung mulai dari bulan Juni 2021 dan masih berlangsung sampai saat ini.

2. Memastikan kesehatan karyawan dengan penerapan protokol kesehatan ketat

Karyawan merupakan aset yang paling berharga dan utama bagi kelangsungan perusahaan. Keamanan dan kenyamanan selama perjalanan hingga saat berada di area kantor menjadi prioritas utama. Menanggapi situasi pandemi ini, Bank DBS Indonesia membagikan care package putaran pertama pada awal pandemi tahun lalu yang berisikan masker, vitamin C dan hand sanitizer kepada karyawan Bank DBS Indonesia. Care package tersebut dikemas di dalam kantung kecil sehingga sangat mudah dibawa ke mana pun. Selanjutnya paket yang sama juga kemudian kembali dibagikan dengan tambahan masker untuk memberikan proteksi kepada karyawan. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada karyawan yang tetap harus bekerja di luar rumah dan membantu mencegah penyebaran Covid-19 demi keamanan bersama.

3. Mendukung kesejahteraan karyawan selama WFH melalui distribusi home office set-up

IKLAN INFOBRAND.ID

Bank DBS Indonesia juga mendistribusikan paket perawatan dan melakukan pengadaan 850 laptop baru yang didukung dengan peningkatan infrastruktur IT dan digital bagi karyawan untuk bekerja dari rumah, menyediakan koneksi internet serta perpanjangan klaim atas biaya-biaya yang dikeluarkan untuk home office set-up seperti kursi, headset, dan aksesoris komputer lainnya, untuk memudahkan kerja jarak jauh. Untuk lebih mendukung karyawan di masa pandemi, disediakan transportasi bagi karyawan yang diharuskan bekerja di kantor.

4. Memberikan donasi bagi masyarakat yang terdampak

Pada Juli 2021, Bank DBS Indonesia memberikan dukungan kepada masyarakat dengan mendonasikan 1.000 konsentrator oksigen yang didistribusikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk memberikan dukungan tambahan kepada rumah sakit dalam merawat pasien dengan masalah kondisi pernapasan. Bank DBS Indonesia juga bekerja sama dengan salah satu wirausaha sosial binaan DBS Foundation yaitu Garda Pangan, untuk mendonasikan 1.312 paket donasi senilai Rp100.000 dengan total donasi senilai Rp131.200.000 secara berkala bagi 5.252 masyarakat terdampak yang terdiri dari lansia, janda, buruh, kuli, ojek online, petugas kebersihan, penarik becak, dan rumah penampungan eks-penderita kusta di daerah sekitar Surabaya, Malang, dan Sidoarjo. Program donasi ini dilakukan dalam periode waktu 12 bulan, dimulai pada Juli 2020 hingga Juni 2021.

Bank DBS Indonesia melalui “DBS Stronger Together Fund” pada tahun 2020 lalu juga telah mendonasikan alat kesehatan dan paket makanan senilai 2,5 juta SGD kepada mereka yang terkena dampak pandemi. Donasi ini terdiri dari lebih dari 380.000 porsi makanan untuk 8.000 rumah tangga, yang pencari nafkah utamanya terdiri dari pekerja berupah harian, seperti supir angkutan umum, pedagang kaki lima, guru paruh waktu dan lain-lain, yang disalurkan melalui Foodbank of Indonesia (FOI). Tidak hanya itu, Bank DBS Indonesia juga mendistribusikan sebanyak 300.000 porsi makanan kepada pekerja berupah harian melalui Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

“Kami percaya bahwa saling membantu dan bekerja sama adalah kunci dalam menghadapi tantangan yang timbul akibat kehadiran Covid-19. Dalam masa sulit ini, kami menyadari peranan kami sebagai perbankan dalam menopang karyawan, nasabah, dan masyarakat yang lebih luas. Maka dari itu, berbagai prakarsa yang kami lakukan menggarisbawahi komitmen kami sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan (purpose-driven bank), menunjukkan kepedulian kami terhadap kesejahteraan karyawan dan masyarakat sebagai bagian penting dalam keberlangsungan bisnis kami,” ujar Executive Director, Head of Group Strategic Marketing & Communications, PT Bank DBS Indonesia, Mona Monika.

IKLAN INFOBRAND.ID

Menjadi bank yang digerakkan oleh tujuan yang memberikan dampak positif merupakan DNA dari Bank DBS Indonesia. Oleh karena itu, Bank DBS terus berinovasi untuk menjadi bank yang mengedepankan keseimbangan antara ekonomi, sosial serta lingkungan (Economy, Social, Governance-ESG). Upaya tersebut dilakukan Bank DBS Indonesia atas kesadaran akan perannya sebagai lembaga keuangan yang menjalankan bisnis yang berkelanjutan bagi generasi masa depan dan lingkungan hidup. Melalui upaya tersebut, Bank DBS Indonesia berharap dapat menciptakan dunia yang lebih baik.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali set...


Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024

Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, JNE hari ini menggelar Halal Bihalal bersama media di Rampstar Kitchen, Jl....


Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru

Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru
INFOBRAND.ID-Franchise & License Expo Indonesia, FLEI EXPO 2024 edisi ke-22 akan kembali digelar pada 10-12 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran, Hall D2,...


Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar

Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar
INFOBRAND.ID-Semifinal dan Final Tekiro Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau&...


Error
Whoops, looks like something went wrong.