PT Kenko Sinar Indonesia, bukan pemain baru di industri peralatan tulis kantor (stationery). Berawal dari industri rumahan yang memproduksi cairan koreksi (penghapus tinta) pada tahun 1986 yang hingga kini menjadi market leader di kategorinya. Seiring berjalannya waktu, Kenko konsisten mengembangkan produk-produk stationery kategori lain.
Presiden Direktur Kenko, Suwandi B menyampaikan, dalam membangun dan memaintain brand tolak ukur yang utama adalah menghadirkan produk berkualitas. Hal kedua yang menjadi pertimbangan adalah Inovasi dan harga terjangkau. Yang tak kalah penting, Kenko selalu konsisten melakukan kegiatan branding melalui pemasangan billboard, tayangan video ad di bioskop dan juga in house promotion di outlet-outlet.
Tak heran bila di tahun 2017 Kenko berhasil menyabet penghargaan “Top Brand Award” dan pada tahun 2018 berhasil menambah 1 Award lagi di ajang “Top Brand Award” untuk 10 kategori produk; Tipex, Paper Cutter (pemotong kertas), Paper Glue (lem kertas), Perforator (pembolong kertas), Paper Clip, Pencil Sharpener (rautan pensil), Stapler (hekter), Date Stamp (stempel tanggal), File Binder, dan Tape (Lakban).
Salah satu produk andalan Kenko yang terlaris adalah Kenko KE-01 merupakan stipo legendaris produk dari Kenko dengan cairan yang cepat kering dengan kemasan khasnya. Untuk jenis penghapus/pengoreksi tulisan, Kenko memang memiliki banyak varian.
Selain berkualitas tinggi serta harga yang reasonable, dengan jaringan distribusi yang luas sebagai faktor mendukung, pihak Kenko menargetkan sedikitnya penjualan tumbuh 15% setiap tahun. Kontribusi penjualan terbesar masih di wilayah daerah DKI Jakarta dengan komposisi sekitar 20%.
Sejumlah pencapaian Top Brand Award diperoleh perusahaan ini. Kenko mempunyai tagline : Terkenal dan Terpercaya. Terkenal merupakan bentuk apresiasi dari masyarakat Indonesia khususnya pengguna produk Kenko yang setia, dan Terpercaya adalah tugas dan kewajiban PT Kenko Sinar Indonesia untuk menjaga kepercayaan yang diberikan pelanggan dengan menyediakan produk-produk Kenko yang berkualitas dengan harga terjangkau.
Diakuinya, saat ini kategori produk cairan koreksi (tipex) yang memberikan kontribusi prestasi paling bagus. Hal ini sangat membanggakan pihak Kenko karena produk ini buatan dalam negeri dan berhasil mengungguli produk-produk kompetitor yang masih diimpor. “Mengedepankan kualitas merupakan strategi kami supaya tetap dapat memimpin pasar selain juga memperkuat jaringan distribusi,”tambah Suwandi.
Pada saat ini aktifitas traditional marketing Kenko, lanjut Suwandi, masih mendominasi hingga 80%. Namun mulai tahun depan perusahaan ini akan lebih aktif di digital marketing. Hal ini sejalan dengan rencana melaunching program e-commerce untuk produk Kenko di tahun 2019.
Menurut Suwandi, terjadi multiplier effect yang tercipta dari kehadiran produk-produknya di pasar. “Salah satu contoh efek positif yang bisa kami berikan adalah produk pensil dan pensil warna. Selain kualitas yang baik, harga yang kami berikan juga sangat terjangkau dibandingkan produk-produk kompetitor yang kebanyakan merek luar. Sehingga pelajar-pelajar di pelosok negeri ini juga dapat memakai untuk kegiatan sekolah mereka,”tuturnya seraya menyebutkan, untuk ekspansi ke depannya Kenko akan merambah penjualan online dan lebih aktif berkomunikasi secara digital dengan pemakai produk Kenko untuk menjangkau khalayak lebih luas lagi.-Adv