Senin, 29 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Kreatif Manfaatkan Teknologi, Ixobox Dulang Kesuksesan Bisnis Barbershop

Posted by: 4708 viewer

Kreatif Manfaatkan Teknologi, Ixobox Dulang Kesuksesan Bisnis Barbershop
IxoBox

“Merapikan dan memotong rambut adalah merupakan keahlian kami. Penampilan adalah sesuatu yang sangat penting, oleh karenanya kami selalu memberikan kualitas dan model rambut yang sesuai dengan kepribadian dan keinginan para pelanggan. Lebih dari itu, kami senantiasa peduli dengan kesehatan, waktu & uang anda.”

Penggalan paragraf di atas dipetik dari laman resmi Ixobox, sebuah haircut house kekinian dengan konsep transaksi full digital. Ya, konsep yang diusung oleh Ixobox memang tidak main-main. Dalam era Revolosi 4.0, brand yang berdiri pada 2015 itu menjadi pelopor gerai potong rambut yang sangat digital.

Dalam sebuah talkshow yang bertemakan digital marketing yang diselenggarakan oleh TRAS N CO di Jakarta, bulan lalu (30/8), Direktur Ixobox Danny Anthonius mengungkapkan bahwa pihaknya membuat sejumlah gebrakan baru saat pertama kali berkecimpung dalam bisnis barbershop.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Jadi saat kami mulai masuk ke industri franchise dan memilih segmen barbershop, kami harus membuat beda dan  unggul dari pada yang lainnya. Saat awal running kami punya misi untuk menduplikasikan usaha ini sebanyak-banyaknya, baik dari sisi konsumen dan juga mitra. Perbedaannya apa?  Nah, yang membedakan kami adalah teknologi pembayaran yang dihadirkan oleh Ixobox,” ujarnya.

Danny mengungkapkan, teknologi mesin pembayaran self-service yang disebut kiosk machine itu digadang-gadang menjadi yang pertama di Indonesia dalam bisnis barbershop. Untuk menggunakan teknologi ini, customer terlebih dahulu melakukan transaksi pada kiosk machine. Nantinya,  pelanggan akan mendapatkan bukti pembayaran yang sekaligus dijadikan sebagai nomor urut antrian untuk kemudian diserahkan kepada hair stylist.

“Saat ini kami juga menerima transaksi dengan uang elektronik atau e-wallet. Jika dulu customer bayarnya cash dengan memasukan uang ke kiosk machine, sekarang mereka tinggal scan saja di mesin. Bayarnya juga bermacam-macam, bisa pakai Gopay, Ovo, kartu debit, maupun kartu kredit,” tuturnya.

Bahkan, sambung Danny, pihak manajemen tengah menggodok konsep terbaru guna mengoptimalkan kegiatan operasional pada setiap gerainya. Nantinya, struk transaksi yang diterima oleh konsumen akan berisi QR Code yang akan digunakan sebagai akses listik hair stylist dalam menangani customer. Adapun, dalam satu kali pelayanan dibatasi waktu sekitar 20 menit. Lebih dari durasi tersebut maka akses listrik pada setiap tools akan terhenti secara otomatis.

Konsep canggih tersebut merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan oleh jajaran manajeman pusat dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan investor atau franchisee dalam berbisnis dengan Ixobox.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kami juga ada aplikasi pemantauan laporan keuangan secara real time. Jadi, kapan pun dan di manapun mitra bisnis kami berada, mereka dapat langsung memantau transaksi di gerainya. Sistem yang kami kembangkan ini berusaha meminimalisir risiko fraud yang ada di outlet,” ungkapnya.

Fleksibilitas, transparansi usaha, serta dukungan kecanggihan teknologi, menjadikan Ixobox sebagai salah satu model bisnis terbaik yang bisa digarap oleh para pemodal. Untuk diketahui, saat ini Ixobox telah memiliki lebih dari 50 gerai yang tersebar di berbagai wilayah, seperti Bandung, Surabaya, Medan, Makassar dan Pekanbaru. Adapun, paket investasi yang ditawarkan kepada invenvestor adalah sebesar Rp400 juta dengan skema bagi hasil omset 50%:50%. Dari angka tersebut seluruh kegiatan operasional, SDM, branding, serta sistem dan manajemen usaha akan di-support oleh IxoBox Pusat. Rekanan hanya perlu menyediakan tempat usaha.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Redaksi, Ixobox merupakan salah satu unit usaha yang berada dibawah naungan Kino Grup sebagai entitas induk. Kino Grup, melalui  PT Kino Indonesia Tbk., merupakan produsen yang telah lama dikenal bermain pada industri consumer goods, food, dan personal care.

Perambahan segmen bisnis barbershop dengan skema franchise diyakini sebagai langkah diversifikasi usaha oleh entitas yang dimiliki oleh taipan Harry Sanusi itu.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia, Kino Grup diketahui mencatatkan pertumbuhan penjualan sekitar 30% pada sepanjang semester I/2019 menjadi Rp2,2 triliun. Capaian tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama 2018 dengan Rp1,7 triliun.

IKLAN INFOBRAND.ID

Meroketnya sales Kino Grup ikut mendongkrak cuan perseroan yang tercatat tumbuh 406% selama paruh pertama 2019. Jika pada tutup buku semester I/2018 Kino Grup menorehkan laba bersih Rp71 Miliar, maka pada semester I/2019 lalu perseroan berhasil mengumpul untung sebesar Rp361 miliar. Melejitnya laba bersih tersebut tidak lepas dari akumulasi keuntungan pembelian dalam diskon yang sebesar Rp264 miliar.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru

Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru
INFOBRAND.ID-Franchise & License Expo Indonesia, FLEI EXPO 2024 edisi ke-22 akan kembali digelar pada 10-12 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran, Hall D2,...


Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar

Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar
INFOBRAND.ID-Semifinal dan Final Tekiro Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau&...


1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson

1700 Peserta Meriahkan Fun Walk 30 Tahun Dekkson
INFOBRAND.ID - Memperingati ulang tahun ke-30, Dekkson, merek terkemuka dan produsen kunci pintu berkualitas di Indonesia, menggelar Fun Walk dalam ke...


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...