INFOBRAND.ID, JAKARTA - Selain menjadi momen peningkatan kualitas ibadah dan refleksi diri, bulan Ramadhan juga menjadi ajang berbagi untuk brand dan perusahaan dalam menunjukkan komitmennya dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).
PT Mitra Angkasa Sejahtera Tbk (RJ Steel) menjadi salah satu brand ternama di Indonesia yang melibatkan diri dalam rangkaian program berbagi dengan mengikuti Program Ramadhan Brand Berbagi (RBB) yang diinisiasi oleh INFOBRAND.ID.
Simon Hendiawan, Direktur Utama PT Mitraangkasa Sejahtera Tbk menyatakan, program ini tidak hanya menciptakan kebahagiaan bagi penerima manfaat, tetapi juga menjadi bukti nyata bahwa kepedulian kepada sesama adalah nilai yang terus dijunjung tinggi.
“Kalau untuk CSR, kita sudah cukup lama, dengan fokus pada dua bidang utama, yaitu Pendidikan dan Keagamaan. Program CSR Pendidikan dilakukan pada bulan-bulan awal tahun ajaran baru, dengan memberikan renovasi dan peralatan pendidikan kepada anak-anak di sekitar wilayah usahanya,” kata dia pada INFOBRAND.ID di Jakarta, Rabu (13/3/2024).
Sementara untuk kegiatan CSR di bidang lainnya, yaitu CSR Keagamaan dilaksanakan pada Hari Raya umat beragama, termasuk bulan Ramadhan dan bulan Desember saat umat Nasrani merayakan Hari Natal.
“Program RBB menjadi kesempatan untuk bersama-sama dengan berbagai brand lainnya dalam upaya menciptakan dampak positif yang lebih besar. Keikutsertaan pertama mereka dalam program ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk terus berpartisipasi dalam upaya berbagi kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.
Dia menambahkan, untuk anggaran yang dialokasikan perusahaan untuk program CSR cukup besar, mencapai sekitar 3-5% dari laba bersih. Dana tersebut dibagi dengan proporsi yang cermat, 25% untuk CSR Pendidikan, 65% untuk CSR Keagamaan, dan 10% untuk program CSR lainnya.
“Langkah ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk memberikan kontribusi yang merata di berbagai sektor yang membutuhkan dukungan,” tegasnya.
Menurut Simon lagi, perusahaannya juga aktif dalam workshop dan kegiatan edukasi di bidang pendidikan. Sebagai contoh, mereka telah berpartisipasi dalam workshop mengenai penggunaan mur dan baut menjadi barang siap pakai, seperti meja dan kursi, yang dapat memberikan manfaat lebih luas kepada masyarakat.
“Keikutsertaan brand dalam Program RBB adalah langkah positif yang menunjukkan bahwa semangat berbagi dan peduli terus hidup di tengah-tengah bisnis,” jelasnya.
Simon pun berharap program ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada penerima manfaat, tetapi juga menjadi inspirasi bagi brand lain untuk ikut serta dalam upaya memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.
“Kita berharap semakin banyak brand yang bersatu dalam semangat berbagi ini, sehingga sinar kebaikan dan kebahagiaan semakin terang benderang di tengah-tengah kita,” tandasnya.
Sebagai informasi, program Ramadhan Brand Berbagi (RBB) merupakan program charity yang rutin diselenggarakan media INFOBRAND.ID bersama brand-brand dan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.
Hasil program RBB ini akan disalurkan kepada lebih dari ribuan penerima kebaikan yang tersebar dari berbagai daerah dalam bentuk: Santunan Yatim, Distribusi Sembako, Distribusi Produk Sponsor, Paket Buka Puiasa, dan Bingkisan Lebaran.
Dengan mendukung dan berpartisipasi pada program sosial ini, brand dan perusahaan tidak hanya berperan aktif meringankan beban dari masyarakat yang membutuhkan, namun juga memberikan manfaat branding & promotion secara langsung bagi brand dan perusahaan.