Rabu, 04 Desember 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Membangun Corporate Brand KFC

Posted by: 5197 viewer

Membangun Corporate Brand KFC
dok. KFC

Hingga saat ini KFC masih berada di posisi Top of Mind di kategori resto siap saji.  Namun bukan perkara mudah mempertahankan itu. Jika sebelumnya FFI  banyak melakukan  kegiatan  above the line (ATL) dan below the line (BTL) yang terkait dengan campaign menu, tapi belakangan ini justru fokus berbicara tentang  Corporate Brand.

Di awal 2014  KFC masih  mengusung campaign “Taste of Asia”.  “Ketika berbicara Taste of Asia, selalu membicarakan produk baru KFC berdasarkan rasa-rasa yang ada di Asia,” kata General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia Tbk, Hendra Yuniarto.

Hendra memberi contoh! Pada akhir 2014 KFC meluncurkan Chicken Bulgogi. Menu ini sempat di copy paste kompetitor.  Mesti ditiru, namun langkah kampanye tematik ini tak membuat KFC berhenti.  Pada 2016 KFC meluncurkan Hotz Chicken dengan cita rasa khas Indonesia. Salah satunya adalah Hotz Chicken yang menggunakan cabai rawit asal Aceh yang terkenal pedas. Keluar dari Taste of Asia, KFC meluncurkan Taste of Mexico dengan menu  Cho Chicks, yaitu menu daging yang dimasak dengan campuran coklat. “Supaya jadi Indonesia banget, si coklat dikasih sambel. Ada rasa pedas manis,” lanjut Hendra.

IKLAN INFOBRAND.ID

Perlahan, di mulai tahun 2013  strategi perusahaan bergeser membangun Corporate Brand melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). “Program-progam CSR tersusun secara kontinyu di setiap tahunnya. Tahun 2015 konsentrasi kegiatan mengusung tema seperti Lingkungan Hidup, Nutrisi serta Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan,”jelas Hendra.

Sejak dibangunnya Corporate Brand, sejumlah pengakuan dari pihak internal pun diperoleh. Belum lama ini KFC meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2018 yang digelar oleh TRAS N CO Indonesia yang bekerjasama dengan INFOBRAND.ID dan IMFocus Digimarketing Consultant di kategori Resto Fried Chicken.

Sebelum IDPBA, resto siap saji ini juga mendapat banyak penghargaan lain seperti KFC berhasil meraih Top Brand Index (TBI) di ajang Top Brand for Kids & Teens 2015, Halal Award 2016, TOP Digital PR Award, dan masih banyak lagi. KFC Indonesia juga berhasil mendapatkan award dalam kategori Halal Top Brand untuk sub kategori restaurant ter-halal.

Belum lama KFC memilih berkolaborasi dengan Komunitas 1000 Guru, mewakili kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia. Program ini wujud tanggung jawab sosial dari KFC Indonesia, khususnya di bidang pendidikan,’’kata Hendra Yuniarto.

KFC juga sempat menggandeng ambassador dari kalangan artis seperti Rio Febrian  ketika membahas positioning “KFC The Chicken Expert”. “Kemudian dengan Andien kami berbicara healthy food, kita bukan junk food. Ketika pesan ini disampaikan, mulai ada pemahaman brand KFC dibandingkan brand yang lain,”tutur Hendra lagi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ia menambahkan, digital marketing memang suatu keniscayaan. Namun demikian KFC tidak meninggalkan yang tradisional, tapi justru menambah budget. Kita melihat Indonesia terbentang dari Sabang Sampai Merauke dengan jumlah cabang sebanyak 630 gerai sampai Juni 2018.

Dijelaskan Hendra,  pihaknya  membagi platform menu. “Yang datang ke KFC adalah seluruh lapisan masyarakat dari berbagai segmen, jadi seluruh menu untuk lapisan masyarakat pun kami disiapkan,” tandasnya seraya menambahkan  saat ini KFC konsern mengkampanyekan gerakan #Nostrawmovement. Kegiatan yang diinisiasi sejak 2017  dan  kini dijadikan gerakan nasional tanpa sedotan plastik yang hingga saat ini diakuinya mampu menekan penggunaan plastic di gerai-gerai KFC hingga 54%  hanya dalam kurun waktu beberapa bulan di tahun ini.-Adv

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Beeme Luncurkan Hair Lotion Anak, 100 Persen Berbahan Herbal

Beeme Luncurkan Hair Lotion Anak, 100 Persen Berbahan Herbal
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Beeme belum lama ini meluncurkan produk inovatif terbarunya, Beeme Daily Nourishing Hair Lotion, untuk perawatan rambut anak y...


Inovasi Anlene Habbatussauda: Lawan Osteoporosis dan Tingkatkan Imunitas

Inovasi Anlene Habbatussauda: Lawan Osteoporosis dan Tingkatkan Imunitas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Osteoporosis menjadi salah satu tantangan kesehatan yang serius di Indonesia. Data menunjukkan bahwa satu dari tiga wanita Ind...


Givaudan Perfume: Pemimpin Inovasi Wewangian Global dengan Teknologi AI & Komitmen Keberlanjutan di Indonesia

Givaudan Perfume: Pemimpin Inovasi Wewangian Global dengan Teknologi AI & Komitmen Keberlanjutan di Indonesia
INFOBRAND.ID-Givaudan Perfume memiliki akar sejarah yang panjang sejak berdirinya pada tahun 1768 melalui dedikasi Antoine Chiris dalam mengubah kecin...


PURE Sabet Brand Indonesia Excellence Award 2024

PURE Sabet Brand Indonesia Excellence Award 2024
INFOBRAND.ID - PURE, merek produk perawatan dan perlengkapan ibu dan bayi, menyabet penghargaan Brand Indonesia Excellence Award 2024, untuk kategori...