Selasa, 07 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Optimalkan Layanan Pelanggan, BRI Gunakan Kecerdasan Buatan

Posted by: 621 viewer

Optimalkan Layanan Pelanggan, BRI Gunakan Kecerdasan Buatan
Bank BRI/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank BRI menggunakan beberapa strategi perusahaan untuk semakin mengoptimalkan layanan kepada nasabah, salah satunya dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) generatif.

Chief Digital and Information Officer Bank Rakyat Indonesia (BRI) Arga Nugraha mengungkapkan, AI generatif yang digunakan BRI mulai dari pemanfaatan AI generatif untuk meningkatkan layanan chatbot hingga otomasi ruang kerja menjadi beberapa langkah yang tengah dikembangkan Bank BUMN tersebut.

"Untuk peningkatan chatbot, kami akan manfaatkan AI generatif untuk mengembangkan rasa "lifelikeness"-nya. Menurut temuan kami banyak nasabah yang malas untuk berkomunikasi dengan chatbot dan akhirnya menelepon 'customer service' karena respons (chatbot) terasa seperti robot," kata Arga di Jakarta, kemarin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia menambahkan, perlahan tapi pasti dengan memanfaatkan AI generatif, kini chatbot yang dimiliki BRI di ruang digital sudah semakin baik memberikan solusi atas pertanyaan nasabah.

Dengan begitu, dia berharap melalui pengembangan yang lebih jauh, chatbot tersebut nantinya bisa mengurangi beban kerja pegawai "customer service" untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya bisa diselesaikan lewat chatbot.

Arfa kembali menerangkan, pemanfaatan AI generatif yang ingin diadopsi di BRI ialah memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menciptakan Automated Content Generation. Menurut dia, AI generatif dapat membantu BRI untuk menciptakan konten lebih terasa interaktif dan variatif.

"Jadi ini fungsinya nanti mungkin di sosial media kita membantu membuat konten tulisan atau visual yang lebih menarik. Ini bisa jadi cara baru untuk berkomunikasi langsung dengan nasabah," jelasnya.

BRI, dikatakan Arga lagi, juga ingin memanfaatkan AI generatif untuk membuat otomasi ruang kerja sehingga pegawai bisa memberikan layanan dengan lebih efektif.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Salah satu otomasi yang mungkin dapat dikerjakan AI generatif ialah dengan membuat pekerjaan presentasi," paparnya mencontohkan.

Maklum, biasanya untuk menciptakan diagram atau grafik dibuat secara manual, maka saat AI generatif diterapkan dan diberi instruksi yang jelas, maka waktu yang harus digunakan untuk membuat konten presentasi secara manual jadi bisa lebih dihemat.

"Biasanya kita menghabiskan waktu untuk mengetik presentasi, dengan AI generatif setelah diberikan instruksi jelas itu semua akan jadi dengan cepat dan materi untuk nasabah jadi lebih mudah disampaikan dengan adanya penerapan AI ini," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Begini Tips Agar Inovasi Diterima Pasar dari Emrys

Begini Tips Agar Inovasi Diterima Pasar dari Emrys
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Dunia bisnis yang penuh tantangan, tidak dipungkiri jika menghadirkan sebuah inovasi adalah cara sebuah brand untuk bertahan d...


Melalui ONEX BSS, KYMCO Buka Peluang Kerja Sama Penyediaan Layanan Penukaran Baterai

Melalui ONEX BSS, KYMCO Buka Peluang Kerja Sama Penyediaan Layanan Penukaran Baterai
INFOBRAND.ID, JAKARTA - KYMCO membuka peluang kerja sama dalam penyediaan layanan penukaran maupun penyewaan baterai untuk kendaraan listrik bagi pela...


Pantang Menyerah, BNI Apresiasi Semangat Tim Thomas dan Uber Indonesia

Pantang Menyerah, BNI Apresiasi Semangat Tim Thomas dan Uber Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi mengapresiasi semangat pantang menyerah yang telah ditunj...


Perkenalkan LISSA, Solusi AI Berkelanjutan dari Lenovo

Perkenalkan LISSA, Solusi AI Berkelanjutan dari Lenovo
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Lenovo membuka awal Mei 2024 dengan mengenalkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bernama LISSA sebagai solu...