Senin, 29 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pegadaian, Sempurnakan GCG dan Agresif Lakukan Digitalisasi

Posted by: 634 viewer

Pegadaian, Sempurnakan GCG dan Agresif Lakukan Digitalisasi
Pegadaian

INFOBRAND.ID-Banyak cara yang dilakukan pengelola korporasi agar perusahaannya makin tangguh dan sustainable. Manajemen PT Pegadaian juga termasuk pengelola perusahaan yang tertantang membangun ketangguhan korporasinya berbasiskan GCG. Mereka punya komitmen yang kuat untuk menjalankan nilai-nilai GCG dalam praktik bisnis perusahaan.

Tentu saja, bukti dari komitmen itu sangat kompleks dan institusional. Sebut contoh di Pegadaian, untuk mempermudah dalam menjalankan nilai-nilai GCG, dibuat Pedoman Good Corporate Governanceboard manual, pedoman standar etika perusahaan, dll., yang bertujuan memudahkan pelaksanaan GCG. Tata kelola kebijakan perusahaan juga dirapikan, termasuk kebijakan bidang procurement dan pengelolaan aset, kebijakan pengendalian internal, kebijakan manajemen risiko, kepatuhan, dan hukum.

Sudah dibuat pula pedoman interaksi hubungan antara induk dan anak usaha, termasuk pedoman Sistem Pelaporan Pelanggaran (Whistleblowing System). “Semua ketentuan umum sudah kami sediakan dan pedoman operasional juga kami lengkapi. Semua kebijakan ini sangat mendukung ketangguhan perusahaan. Kami juga melakukan continuous improvement agar level GRC (governance risk compliance) semakin baik,” kata Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sejak 2021 Pegadaian mengembangkan beberapa strategi agar mampu bertahan di tengah pusaran ekonomi makro yang tidak mudah. Misalnya, dengan meningkatkan nilai ekonomi sosial, mengoptimalisasi customer experience, mendiversifikasi produk dan customer, melakukan inovasi berkelanjutan, dan mengembangkan kapabilitas.

“Kami sangat menjunjung tinggi implementasi GCG di dalam seluruh lini maupun operasional perusahaan. GCG ini menjadi DNA Pegadaian. Dengan CGPI (Corporate Governance Perception Index) ini, kami harap bisa memberikan nilai tambah bagi reputasi perusahaan, meningkatkan kepercayaan para pemangku kepentingan,” kata Damar.

Memang, perusahaan BUMN yang per 13 September 2021 resmi menjadi anak perusahaan BRI ini menghadapi tantangan bisnis yang berat. “Pegadaian tidak bisa berpikir business as usual karena 2021 adalah tahun yang sangat menantang bagi kami,” ungkapnya.

“Di tahun 2020 itu nasabah kami masih punya Tabungan Emas, sehingga berharap pandemi cepat selesai, tetapi ternyata berlanjut sampai 2021. Karenanya, di tahun 2020 Pegadaian masih sangat gagahnya, lalu di 2021 kami suffer. Namun, kami bersyukur bisa bertahan dan kinerjanya masih tumbuh,” Damar menjelaskan.

Untuk membangun ketangguhan perusahaan dalam kerangka GCG, Pegadaian melakukan strategi jangka pendek dan panjang. Maklum, lanskap persaingan industrinya memang sangat berubah.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Lanskap persaingan industri kami ada di KUR, super mikro, bank syariah, fintech lending, dan industri pergadaian. Bank syariah makin gencar ekspansi dengan mengeluarkan produk gadai. Kemudian, pertumbuhan fintech saat ini semakin pesat,” katanya. Pegadaian kini menghadapi kompetisi yang sangat ketat dengan pergadaian swasta, perbankan syariah, multifinance, hingga fintech P2P lending.

Dalam menggarap bisnisnya, Pegadaian membangun ekosistem, di antaranya melalui perluasan jangkauan layanan dan kerjasama dengan mitra strategis. Ini meliputi perluasan titik co-location, khususnya di remote area, serta perluasan kerjasama kelembagaan, baik dengan instansi pemerintah, BUMN, swasta, maupun komunitas.

Dilakukan pula perluasan kerjasama dengan fintech/e-commerce dan mitra pembayaran untuk memastikan kemudahan transaksi di mana pun dan kapan pun.

 Selain itu, Pegadaian pun terus berusaha memberikan layanan beyond expectation, di antaranya layanan prioritas, bekerjasama dengan gerai The Gade Coffee & Gold. Juga mengembangkan produk berdasarkan kebutuhan nasabah dan hasil survei pelanggan satu bulan sekali, baik Grow Core (Gadai Peduli, Gadai Express, Gadai Premium, Gadai Efek, Gadai Elektronik) maupun Grab New (Digital Lending, KUR Syariah, Kartu Emas).

Di sisi internal juga ditanamkan budaya inovasi dan budaya marketer. “Kami ada Go Lower Go Better, yakni program reward internal dalam rangka menekan NPL; Pegadaian Excellence Award, sebagai ajang pemberian apresiasi bagi unit kerja dan individu terbaik; serta EGC atau Employee Get Customer, menjadikan seluruh pegawai sebagai pemasar,” Damar memaparkan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ya, sejak 2018 Pegadaian memang aktif mencanangkan transformasi seiring dengan adanya perubahan tantangan bisnis, untuk mengakselerasi pertumbuhan. “Kami juga telah mencanangkan transformasi untuk long term sustainability, bahkan di pertengahan 2022 ini kami reminder lagi untuk transformasi ini dengan slogan ‘Gaspol’,” katanya.

Tentunya, transformasi lebih banyak di digital, bisnis (layanan, jaringan, produk), dan supporting-nya. Semua ini untuk mencapai visi “menjadi the most valuable financial company di Indonesia dan sebagai agen inklusi keuangan pilihan utama masyarakat”.

Transformasi digital atau digitalisasi memang menjadi isu yang sangat mainstream di Pegadaian dalam tiga tahun terakhir. Perusahaan pelat merah ini berusaha mengembangkan transformasi digital dengan empat pilar.

Pilar pertama, agar lebih governance and agile, Pegadaian mengubah mindset dan cara kerja, serta meningkatkan governance di teknologi informasi (TI) dan digital. Sebab, dunia digital memang penuh risiko dan tantangan.

Pilar kedua, meningkatkan customer experience and expansion. Ujungnya adalah memperoleh nasabah baru.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Kulkas Side by Side POLYTRON, Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali set...


Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024

Halal Bihalal, JNE Kembali Gelar Content Competition 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, JNE hari ini menggelar Halal Bihalal bersama media di Rampstar Kitchen, Jl....


Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru

Peluncuran FLEI Edisi ke 22: Tampil dengan Logo dan Tagline Terbaru
INFOBRAND.ID-Franchise & License Expo Indonesia, FLEI EXPO 2024 edisi ke-22 akan kembali digelar pada 10-12 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran, Hall D2,...


Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar

Untuk Ke 3 Kali-nya Tekiro Mechanic Competition 2024 Kembali di Gelar
INFOBRAND.ID-Semifinal dan Final Tekiro Mechanic Competition 2024 untuk para siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Pulau&...