Kamis, 02 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pendapatan Tembus Rp23 Triliun, MAPI Terus Perluas Pasar Merek Premium

Posted by: 405 viewer

Pendapatan Tembus Rp23 Triliun, MAPI Terus Perluas Pasar Merek Premium
MAPI Terus Perluas Pasar Merek Premium

INFOBRAND.ID-Emiten ritel multichannel branded PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mengumumkan pertumbuhan kinerja dan laba bersih untuk periode sembilan bulan pertama 2023 atau hingga September. Pendapatan bersih MAPI selama periode tersebut tumbuh sebesar 26,4% YoY menjadi Rp23,8 triliun dari sebelumnya Rp18,8 triliun, dengan margin laba kotor naik menjadi 45,6% dari 45,1%.

Laba usaha naik 17,8% YoY menjadi Rp2,6 triliun, dan EBITDA mencapai Rp4,4 triliun, meningkat dari Rp3,9 triliun yang tercatat pada periode yang sama pada 2022. Tanpa one-time gain dari divestasi Burger King senilai Rp309 miliar (setelah pajak) yang terjadi pada kuartal I 2022, laba inti yang mewakili kinerja operasional perusahaan melonjak 20,2% YoY menjadi Rp1,8 triliun.

Pada kuartal ketiga, MAPI mencatat peningkatan pendapatan bersih sebesar 24,7% YoY menjadi Rp8,2 triliun dari Rp6,6 triliun. GPM menurun ke 46,2% dari 46,5%, sementara laba usaha dan EBITDA masing-masing tercatat sebesar Rp832 miliar dan Rp1,4 triliun. Pada bottom-line, laba bersih MAPI mengalami peningkatan menjadi Rp577 miliar, dibandingkan Rp569 miliar yang tercatat pada tahun sebelumnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ratih D. Gianda selaku VP Investor Rela]ons, Corporate Communica]ons, and Sustainability MAP Group menyatakan, selama periode ini, pihaknya melihat pertumbuhan yang solid di seluruh Grup. Hal ini didukung oleh model bisnis multi$-brand MAPI yang beragam dan ketahanan basis konsumen. 

“Secara umum, kami juga mengamati tren positif dalam indikator makroekonomi secara keseluruhan. Target utama kami, terutama di segmen menengah ke atas, juga telah menunjukkan peningkatan kepercayaan konsumen berkat fondasi yang kuat. Faktor-faktor ini mendorong peningkatan jumlah pengunjung dan permintaan konsumen terhadap produk kami,” katanya dalam keterbukaan informasi, dikutip Jumat (10/11/2023).

Menurut Ratih, MAPI juga konsisten mengalami peningkatan jumlah pelanggan yang berkunjung ke gerai. Periode ‘back to school’ pada bulan Juli mendapat tanggapan positif, dan momen ini menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Selain itu, MAPI terus fokus untuk membangun kemitraan strategis dengan sejumlah brand internasional terkemuka. 

“Perusahaan memperkuat keberadaannya dengan membuka gerai Zara pertama di Makassar. Di luar Indonesia, MAPI juga meluncurkan gerai Zara pertama di Kamboja, serta gerai Foot Locker pertama di Thailand dan Vietnam. Ini menjadikan MAPI sebagai salah satu destinasi utama untuk fashion dan sportswear premium di negara-negara tersebut,” ungkapnya.

Sebagai pengakuan terhadap kinerja perusahaan, baik MAPI maupun PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) telah masuk ke dalam indeks-indeks utama, MAPI di IDX LQ45 dan MAPA di Indeks FTSE (Financial Times Stock Exchange) Global Equity dan Indeks FTSE Global Equity Shariah. Hal ini menjadi bukti atas kekuatan keuangan dan dominasi pasar dari MAP Group.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kinerja MAPI dalam sembilan bulan tahun 2023 mencerminkan komitmen perusahaan yang mendalam untuk memahami dan melayani kebutuhan yang terus berkembang dari beragamnya konsumen kami. Dengan memanfaatkan platform multi$-channel, meningkatkan program digitalisasi, dan meningkatkan penggunaan data analytics, MAPI siap untuk pertumbuhan berkelanjutan di tengah industri ritel yang dinamis,” ungkap Ratih.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group

Danone Indonesia Raih 3 Penghargaan dari The Pinnacle Group
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Danone Indonesia meraih tiga penghargaan pada ajang The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards yang diselenggara...


Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID

Multivitamin Rasa Kopi Nutrafor Sukses Boyong Dua Penghargaan Bergengsi dari INFOBRAND.ID
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Seiring gaya hidup sehat saat ini, mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan diperlukan guna mencukupi kebutuhan vi...


OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024

OCTO Clicks CIMB Niaga Syariah Peroleh Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yakni beribadah haji ke Mekkah begitu tinggi, me...


Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024

Inovasi Layar Lengkung, ITEL S23 Sabet Penghargaan Top Innovation Choice Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di tengah persaingan smartphone yang semakin sengit, produsen dituntut untuk terus menghadirkan produk inovatif agar dapat mer...