Selasa, 23 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pertamina Gelar Digital Expo 2023 

Posted by: 641 viewer

Pertamina Gelar Digital Expo 2023 
Pertamina Digital Expo 2023/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menggelar Pertamina Digital Expo 2023 (DigiExpo)  sebagai ajang pertemuan dan hub antara mitra dan praktisi digital, bersama para praktisi andal dari berbagai perusahaan.
 
Ajang yang digelar mulai Rabu-Kamis 2 November 2023 di Jakarta Selatan itu juga menghadirkan pameran transformasi teknologi, yang tidak hanya diusung Pertamina namun juga berbagai pelaku usaha.
 
Direktur Penunjang Bisnis Pertamina Erry Widiastono, menyatakan, Pertamina telah melakukan transformasi bisnis ke arah digitalisasi yang membawa sejumlah manfaat, yakni mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi dan efektivitas, serta mendorong proses bisnis lebih cepat.
 
"Transformasi digital menjadi langkah penting dalam mengubah cara industri migas, khususnya Pertamina, dalam menjalankan operasional sehari-hari. Transformasi digital yang diterapkan Pertamina juga mampu memberikan value dalam cost optimization," kata dia di Jakarta, Rabu (1/11/2023).
 
Menurut dia lagi, pada 2022, transformasi digital Pertamina menghasilkan value creation hingga mencapai USD441 juta bagi perusahaan. Selain itu, juga ada value creation yang dikontribusikan ke negara senilai USD36,8 juta.
 
Dia menambahkan, transformasi digital juga mampu menyentuh kebutuhan masyarakat seperti pada program Digital SPBU. Program ini merupakan upaya Pertamina untuk memantau volume BBM di setiap wilayah di Indonesia, sehingga Pertamina mampu mengarahkan BBM subsidi dengan tepat sasaran.
 
Deputi Bidang Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN M Rizal Kamal menjelaskan salah satu program prioritas Kementerian BUMN saat ini adalah Program Kepemimpinan Teknologi (Leadership Technology).
 
"Technology leadership menjadi cara BUMN untuk dapat memimpin secara global dalam teknologi strategis dan melembagakan kapabilitas digital, seperti data management, big data, artificial intelligence, dan sebagainya," jelasnya.
 
Pertamina Digital Expo 2023 melibatkan para praktisi dan pakar digital untuk berdiskusi melalui sesi panel, di antaranya akan hadir dari PT Telkom Tbk, Jakarta Smart City, PT KAI, Biofarma, dan PT Bank Mandiri Tbk, dan lainnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka

Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pameran dagang internasional tahunan untuk industri makanan dan minuman, perhotelan dan pariwisata paling komperhensif di Indo...


Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM

Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Global CEO Indonesia dan Jawa Pos sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung perkembangan olah r...


Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital

Tingkatkan Inklusi Keuangan Lewat Aneka Produk Digital
INFOBRAND.ID - Aplikasi digital dapat membantu dalam pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis secara lebih efisien. Astra Financial melalui sejumlah pr...


Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta

Astra Hadirkan Budi Daya Melon Hidroponik di Yogyakarta
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menghadirkan budi daya melon hidroponik lewat pembangunan green house (ru...