Di jaman ini membangun rumah menggunakan bahan-bahan yang simple, efisien, mudah dipasang dan tidak memakan waktu. Bata ringan aerasi (autoclaved aerated concret/AAC) salah satunya yang waktu pemasangannya singkat dan menggunakan semen instan yang tak perlu lagi dicampur dengan pasir.
CV Building Material Construction melihat peluang itu. Produsen bata ringan merk BRICON ini berdiri pada Maret 2013. “Nama BRICON kami ambil dari kata “BRIck” yg artinya bata dan “CONcrete” yang artinya beton,”ungkap Djunaedy Wijaya, Presiden Direktur CV Building Material Construction.
Pertumbuhan untuk penjualan bata ringan Bricon sejak mulai berdirinya perusahaan sampai dengan saat ini mengalami pertumbuhan penjualan yang cukup signifikan. Djunaedy menyebut, penjualan Bricon tumbuh lebih dari 10 persen. “Dari tahun ke tahun permintaan bata ringan diterima sangat baik dalam proyek-proyek skala besar maupun masyarakat umum,”terangnya.
Saat ini, lanjut Djunaedy, kebutuhan akan bata ringan sangat besar. “Kami terus berupaya agar tahun depan kami dapat mencukupi kebutuhan para customer, baik untuk segmen business to business maupun business to customer.
Diyakini Djunaedy, menancapkan image pada brand merupakan hal penting yang perlu disiapkan perusahaan. Sejauh ini sudah terbentuk persepsi di kalangan konsumen tentang Bricon, bahwa Bricon merupakan salah satu pabrikan yang diakui telah menghasilkan produk berkualitas diatas rata-rata. “Hal ini terbukti dengan telah meraih berbagai macam award,”kata Djunaedy.
Selama 4 kali berturut-turut Bricon mendapat Top Brand Award di sepanjang tahun 2015 sampai 2018. Selain itu meraih penghargaan Top Product Property Award 2016, Top Property Award 2017 dan 2018, Property Product Satisfaction Award 2018 serta 2 kali masuk dalam daftar Annual Catalogue 500 Brand Champions yang diprakarsai TRAS N CO bekerjasama dengan INFOBRAND.ID dan Media Ad.
Dalam melakukan penetrasi pasar, dijelaskan Djunaedy bahwa perusahaan menerapkan strategi struktural sistem rantai distribusi, sehingga semua pihak dapat merasakan benefit/keuntungan dengan menggunakan single image Bricon. Hal ini merupakan salah satu cara yang memunculkan semangat kebersamaan dalam penetrasi pasar.
Evaluasi produk dan market share menjadi prioritas Bricon setiap waktu di tinjau dalam perkembangan pasar yang ada dengan terus menjalin komunikasi & informasi dari para customer secara bersama-sama mencari solusi terbaik untuk kebutuhan konsumen.
Apresiasi dari kalangan pebisnis sampai dengan customer adalah karena kestabilan kualitas produk Bricon yg dapat di percaya serta dengan harga yang terjangkau.
Perihal aktifitas pemasarannya, tambah Djunaedy, perusahaan ini memang menyediakan dana untuk aktifitas pemasaran dengan komposisi alokasi dana yang disesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk konvesional marketing, digital marketing maupun kegiatan pemasaran lainnya.
Kini, ekspansi perusahaan terus dilakukan di sepanjang tahun 2017 hingga akhir tahun 2018 ini. Dan Bricon sudah siap untuk menambah kapasitas produksinya untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang hingga saat ini. Dimana dalam ekspansi pengembangannya selain produk bata ringan, perusahaan juga me-leverage brand dengan memproduksi panel lantai dan panel dinding yang diyakini dapat menambah area market share dari merk produk Bricon ke depannya.-Adv