Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tri Raharjo: Era Digital Adalah Masa Depan Brand

Posted by: 3085 viewer

Tri Raharjo: Era Digital Adalah Masa Depan Brand
Tri Raharjo, Chairman TRAS N CO Indonesia sekaligus penggagas IDPBA (kedua dari kiri)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Cepat atau lambat, digitalisasi menjadi masa depan dari dunia bisnis yang akan datang. Bahkan beberapa para ahli pun pernah berpendapat bahwa hanya perusahaan yang menjalankan transformasi digital-lah yang akan mampu tetap eksis, sementara sisanya akan tergerus.

Hal ini juga dipertegas oleh Chairman TRAS N CO Indonesia sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA), Tri Raharjo saat menggelar jumpa pers IDPBA 2019 di Hotel Shangri-La Jakarta, akhir pekan lalu.

Pria yang kerap menjadi pembicara di sebuah acara seminar ini mengungkapkan bahwa saat ini beberapa perusahaan besar telah melihat digitalisasi sebagai transformasi dari bisnis mereka. Sehingga dalam catatannya, era digital menjadi masa depan sebuah brand yang harus dimasuki lebih dalam.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Jadi kalau saya melihat beberapa pemain (pelaku brand-red) mulai ready. Karena mereka menganggap digital adalah market sekarang dan yang akan datang. Sehingga mau tidak mau mereka harus melakukan transformasi secara digital,” ungkap Tri.

Baca juga: Pentingnya Mengukur Kekuatan Brand di Era Digital

Namun, kata Tri, transformasi digital yang kini terjadi secara masif ini membawa tantangan tersendiri, sehingga dibutuhkan keterlibatan semua pihak untuk bersama membentuk ekosistem digital yang kohesif.

“Terkadang challenge terbesar ketika masuk ke ranah digital adalah di ranah SDM (Sumber Daya Manusia) mereka sendiri. Tapi biasanya sebelum mereka masuk ke digital, mereka melakukan study terlebih dahulu, sehingga kebutuhan pasar betul-betul diserap aspirasinya secara baik. Setelah itu baru mereka membuat strategi campaign yang tepat untuk plannya seperti apa,” tuturnya.

Baca juga: Menjadi Digital Brand Champion

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia mencontohkan, beberapa waktu lalu pihaknya telah mengundang salah satu pemain es krim ternama di Indonesia yakni Campina. Menurut Tri, dalam melakukan branding activity-nya, merek es krim asal Surabaya itu telah memanfaatkan para vlogger yang sudah disesuaikan dengan target market yang mereka bidik.

“Dengan begitu akan banyak creativity yang bisa diungkap. Secara budget juga lebih hemat. Tapi dalam pemilihan vlogger, mereka juga betul-betul disesuaikan. Misalnya berapa subscribernya, lalu berapa jangkauan yang didapat dari konten yang sudah mereka posting. Itu juga jadi perhatian mereka,” jelasnya.

Bahkan untuk bisa mendapatkan income yang positif, Tri melanjutkan, para pelaku brand juga telah menggandeng beberapa marketplace dan juga beberapa alat pembayaran untuk campaign promosi mereka.

“Memang kalau dari sisi income itu secara digital masing-masing brand berbeda. Tapi mereka menganggap bahwa campaign melalui digital akan sangat mempengaruhi campaign secara nasional,” tutup Tri. [ded]

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah

Nokia Perbarui Jaringan 5G XL Axiata di Jawa Tengah
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi, Nokia, mengumumkan telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi ja...


Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024

Bank DKI Dukung Pelaksanaan Indonesia Mini 4WD Championship 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bank DKI berkolaborasi bersama komunitas Mini 4WD dalam pergelaran Indonesia Mini 4WD Championship 2024 yang diselenggarakan d...


Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang

Jangan Kelewatan, Pameran Diecast Indonesia IDEX Kembali Gelar Oktober Mendatang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Indonesia Diecast Expo (IDEX) akan kembali digelar kegiatan acara untuk para pencinta diecast melalui gelaran Indonesia Diecas...


Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail

Speaker HiFi Audivo PHS 6A Hadirkan Suara Jernih dan Detail
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen pe...