Rabu, 04 Desember 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

BRI Dukung Produk UMKM Menembus Pasar Ekspor di Kala Pandemi

Posted by: 3265 viewer

BRI Dukung Produk UMKM Menembus Pasar Ekspor di Kala Pandemi
BRILIANENTREPRENEUR UMKM EXPORT 2020 digelar oleh BRI sebagai upaya mendorong konsumsi produk UMKM di kancah global. (Foto: Agus Aryanto)

JAKARTA - Pandemi covid-19 tidak menyurutkan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk terus mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan entrepreneur. Melalui kegiatan BRILIANPRENEUR UMKM EXPORT 2020 yang berlangsung 1-15 Desember 2020, PT BRI Tbk menargetkan bisa memfasilitasi kotrak para UMKM nasional untuk melakukan ekspor ke beberapa negara.

Direktur Utama BRI, Sunarso saat membuka kegiatan tersebut secara virtual, Kamis (10/12/2020) mengatakan, BRILIANPRENEUR UMKM Export 2020 bertujuan agar produk UMKM tidak hanya diserap pasar domestik, tapi juga pasar ekspor. Menurutnya, tenaga kerja di UMKM akan terserap kalau produknya dikonsumsi, tidak terbatas konsumen domestik tapi juga ekspor.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Semakin banyak produk UMKM dikonsumsi, maka bisa meningkatkan kesejahteraan, dan lebih banyak menyerap tenaga kerja sehingga bisa menjaga sustainabilitu kesejahteraan masyarakat dari UMKM,” ujar Sunarno.

UMKM yang mengikuti BRILIANPRENEUR 2020 pun siap melakukan branding dan packaging produk dengan 82 calon pembeli dari luar negeri, seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, dan Jepang. Selain itu ada pula showcase yang menampilkan 573 UMKM peserta yang dikemas dengan menarik.

Sunarso mengharapkan, kedepannya BRI dapat terus memfasilitasi UMKM untuk masuk ke pasar global dengan daya saing yang semakin tinggi. Dia mengungkapkan, pihaknya juga telah melakukan pengembangan UMKM melalui berbagai program, salah satunya BRI Incubator untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM berkualitas ekspor.

IKLAN INFOBRAND.ID

“BRI pun telah menyalurkan kredit kepada 6,8 juta nasabah UMKM senilai Rp754 triliun atau secara 80,5% dari total kredit,” ungkap Sunarso.

Untuk mengantisipasi penularan covid-19, kegiatan diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Untuk memastikan protokol tersebut penyelenggara membatasi jumlah pengunjung dengan registrasi onlie, menyediakan sejumlah titik hand sanitizer, peringatan menjaga jarak dan pembayaran secara non tunai.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Starvo dan Wobn Teken 400 Lebih Kerja Sama dalam Internasional PNE Expo

Starvo dan Wobn Teken 400 Lebih Kerja Sama dalam Internasional PNE Expo
INFOBRAND.ID - Dua perusahaan lokal teknologi yakni PT Starvo Global Energi dan PT Wobn Technology Indonesia mencatat, masing-masing lebih dari dari p...


Beeme Luncurkan Hair Lotion Anak, 100 Persen Berbahan Herbal

Beeme Luncurkan Hair Lotion Anak, 100 Persen Berbahan Herbal
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Beeme belum lama ini meluncurkan produk inovatif terbarunya, Beeme Daily Nourishing Hair Lotion, untuk perawatan rambut anak y...


Inovasi Anlene Habbatussauda: Lawan Osteoporosis dan Tingkatkan Imunitas

Inovasi Anlene Habbatussauda: Lawan Osteoporosis dan Tingkatkan Imunitas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Osteoporosis menjadi salah satu tantangan kesehatan yang serius di Indonesia. Data menunjukkan bahwa satu dari tiga wanita Ind...


Givaudan Perfume: Pemimpin Inovasi Wewangian Global dengan Teknologi AI & Komitmen Keberlanjutan di Indonesia

Givaudan Perfume: Pemimpin Inovasi Wewangian Global dengan Teknologi AI & Komitmen Keberlanjutan di Indonesia
INFOBRAND.ID-Givaudan Perfume memiliki akar sejarah yang panjang sejak berdirinya pada tahun 1768 melalui dedikasi Antoine Chiris dalam mengubah kecin...