INFOBRAND.ID- Meski ramai bermunculan toko sepatu, memang tidak bisa dipungkiri sandal tetap menjadi alas kaki yang paling digemari.
Bukan hanya karena kenyamanannya, sandal pun dilengkapi dengan motif yang makin beragam dan inovatif. Salah satunya adalah brand kesayangan generasi 90an, Carvil yang mempunyai jargon tetap yang terbaik, selain itu sebagai alas kaki yang kasual ini berubah semakin kekinian.
“Di sisi produksi kami mempersiapkan kebutuhan barang lebih awal dibandingkan dari tahun sebelumnya agar kami lebih siap menyongsong tahun 2023,” ujar Andrew kong, COO Carvil.
Satu tahun terakhir Perjalanan bisnisnya Carvil berfokus pada pembangunan jaringan E-commerce Centre yang di dedikasikan khusus untuk mensupport market places dan live streaming Carvil. Selain itu Carvil juga mengadakan gathering dengan customer di beberapa kota besar, untuk mempererat hubungan business to business.
Andrew Kong mengatakan bahwa pemasaran di marketplace memungkinkan untuk memperluas konsumen dengan memasuki pasar baru dengan lebih mudah. Konsumen dapat membandingkan harga, karakteristik produk, dan cek langsung review pengguna Carvil yang sudah berlangganan.
"Pemasaran via e-commerce bertujuan untuk memaksimalkan value chain, meningkatkan customer loyalty dan memperluas jangkauan pasar," ujar Andrew.
Dalam 3 tahun terakhir seperti kita ketahui adalah masa-masa pandemi yang merupakan tahun berbenah bagi Carvil. Dengan terkena nya masa pandemi, Carvil melakukan effesiensi besar besaran di SDM kami termasuk menutup salah satu pabrik nya.
“Dari situlah kami bisa lebih solid dalam bersinergi antar divisi produksi maupun penjualan dan juga kami membangun hubungan lebih erat lagi dengan customer kami dengan melakukan komunikasi intens dan mengadakan gathering di wilayah masing masing,” paparnya.
Carvil juga terus memforsir penjualan nya di market place e-commerce dengan merubah bisnis model dan juga di tahun lalu dengan membangun pusat e-commerce centre yang terintegrasi. “Hasil manis berhasil petik, penjualan online meningkat signifikan 250 % di penghujung tahun 2022 lalu,” kenangnya.
Di tahun 2023 Carvil dengan semangat baru nya akan terus memperkuat product development dari sisi design, inovasi,dan tentunya kualitas product kami harus tetap dijaga, disamping pendistribusian yang tetap sasaran dan cepat.
Menurut Andrew di awal tahun ini dirinya akan membuka pabrik yang ke 10 untuk menunjang team distribusi. Tak hanya itu ia juga akan mencoba penetrasi ke pasar luar negeri setelah sebelumnya dilakukan secara rutin mengekspor product Carvil ke middle east dan negara asia lainnya.
Disinggung apa kiat sukses nya dalam mempertahankan perusahaan?, Andrew memaparkan bahwa Kunci keberhasilannya adalah dengan mempertahankan product development yang kuat, mengikuti trend dan menjaga kualitas. Carvil juga mempunyai Jalur distribusi di seluruh indonesia dengan 9 cabang di beberapa kota besar.
“Terakhir dan terpenting adalah team yang solid dan bersinegri sesuai tagline kami“CARVIL TETAP YANG TERBAIK, ” tutupnya.